Keutamaan Amalan Baca 7x "Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas" Setelah Shalat Jumat

Menemukan Berlian

Ada yg membidahkan. Ada yang mengira hanya amalan Imam Ghazali. Eh, ternyata amalan Nabi Muhammad yang diberikan ke Abu Bakar lalu diajarkan ke Asma’ bin Abu Bakar.

Amalan baca 7X Al-Fatihah, Al-Ikhlas dan Al-muawwidzatain (An-Naas, Al-Falaq) bakda shalat jumat (dalam riwayat Anas bin Malik sebelum merubah posisi kakinya/tempat duduknya) maka khasiatnya Allah jaga dia dari jumat ke jumat.

Masya Allah ini amalan guru-guru kami di PP. Nurul Jadid yang sumbernya baru alfaqir temukan di Perpustakaan Masjidil Haram.

Imam Waki’ gurunya Imam Syafii yg beliau muliakan memberikan testimoni bahwa dia telah mencobanya dan cespleng dan manjur.

فجربناه فوجدناه كذلك

(Alvian Iqbal Zahasfan)

-------------------

Ini adalah salah satu amalan yang dengan fadhal Allah dapat saya rutinkan mengamalkannya sejak pertama kali membacanya di awal-awal SMP.

Hadisnya sendiri secara sanad tidak mencapai derajat sahih, tapi direkomendasikan oleh para ulama di berbagai kitab fikih. Pernah ada Bahtsul Masa'il yang membahas batasan duduk yang dimaksud apakah harus posisi duduk tahiyat akhir ataukah boleh berubah posisi? Jawabannya boleh berubah posisi selama posisi bokong tetap di tempatnya. Namun saya selalu menguasakan agar membacanya dalam posisi duduk tawarruk (duduk posisi tahiyat akhir).

Sayang sekali sekarang banyak imam jumatan yang membacanya bukan 7x tapi diringkas hanya 3x sehingga tidak mengamalkan hadis ini sebagaimana mestinya. Di masjid tempat kajian saya, alhamdulillah para imamnya sekarang sudah membacanya masing-masing 7x  setelah dijelaskan.

(Abdul Wahab Ahmad)

Baca juga :