Tahukah kalian? Stadion Manahan Solo Dibangun Oleh Yayasan Ibu Tien Soeharto, Tapi Tidak Minta Namanya Jadi Stadion Ibu Tien, Beda dengan GBK

[PORTAL-ISLAM.ID] Tahukah kalian bahwa Stadion Manahan di Solo itu adalah Stadion yang dibangun saat Presiden Soeharto dan yayasan Ibu Tien lah yang menanggung semua biayanya. 

Tidak seperti GBK yang dibangun saat Presiden Soekarno dengan duit utang dari Rusia (yang dulunya Uni Soviet) sebesar 12,5 juta dolar AS, dan sekarang dinamakan Stadion dengan nama Soekarno. 

Soeharto atau Ibu Tien justru tidak ingin namanya jadi nama stadion walau duitnya dari Yayasan Ibu Tien.

Stadion Manahan Solo

Adalah sebuah stadion sepak bola yang berada di kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Stadion berkapasitas 25.000 penonton ini merupakan markas dari klub Persis Surakarta.

Manahan merupakan stadion pertama di Indonesia yang menjadi tuan rumah event olahraga difabel terbesar di Asia Tenggara ASEAN Para Games 2011. 

Stadion ini diresmikan pada tanggal 21 Februari 1998 oleh Presiden Republik Indonesia, Soeharto. 

Stadion Manahan Surakarta adalah persembahan dari yayasan Ibu Tien Soeharto. 

Pembangunannya dimulai pada tahun 1989 dengan menggunakan lahan seluas 170.000 m2 dan luas bangunan 33.300 m2. 

Butuh waktu 9 tahun untuk mengubah lahan kosong menjadi Stadion Manahan kokoh bangunan. 

Dan tepat pada hari Sabtu 21 Februari 1998, stadion Manahan akhirnya diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, H.M.Soeharto.

Saat ini sebagian besar digunakan untuk pertandingan sepak bola dan digunakan sebagai tempat rumah Persis Surakarta.[wikipedia]
Baca juga :