Sandiaga Uno mengaku ingin berjuang kembali bersama PKS

[PORTAL-ISLAM.ID]  JAKARTA - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Syaikhu, mengakui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berpeluang menjadi cawapres pendamping Anies Baswedan. 

Syaikhu menyampaikan hal itu untuk merespons pernyataan Sandi yang mengaku ingin berjuang kembali bersama PKS.

"Iya, sangat mungkin (Sandi jadi cawapres pendamping Anies) kalau memang itu bisa diwujudkan ya. Saya bahkan pernah menginisiasi ini ketika setahun lalu dalam pertemuan di Makassar," kata Syaikhu seusai mendaftarkan bakal caleg DPR RI partainya di kantor KPU, Jakarta, Senin (8/5/2023).

Syaikhu mengatakan, penentuan cawapres pendamping Anies masih berproses secara dinamis. Karena itu, dia menyebut, Sandi masih sangat mungkin diusung sebagai pendamping Anies dalam Pilpres 2024.

Namun, dia melanjutkan, PKS bersama partai lain yang tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) belum membahas nama Sandi secara detail. KPP akan menggelar pertemuan khusus untuk menentukan cawapres Anies pada pekan depan.

"(Dalam pertemuan itu) kita akan serahkan mungkin berbagai cawapres yang diusulkan itu ke capres (Anies) untuk (dilihat) dari sisi chemistry, sisi peluang untuk menang. Kita akan kaji," ujar Syaikhu.

Kendati bakal membahas nama Sandi dalam pertemuan koalisi, Syaikhu menegaskan bahwa PKS mematuhi isi kesepakatan piagam koalisi, yakni nama cawapres ditentukan oleh Anies. 

"Harapan kami adalah ketika menentukan cawapres ini bukan hanya sekadar simbolis, tapi kita ingin bahwa cawapres yang dibawa oleh anies ini akan bisa membawa efek kemenangan di 2024," ujarnya.

Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang terdiri atas Partai Nasdem, Demokrat, dan PKS hingga kini memang belum menentukan nama cawapres pendamping Anies. 

Kemarin, eks kader Gerindra Sandiga Uno memuji-muji PKS dan menyinggung peluangnya menjadi cawapres pendamping Anies.

"Saya berjuang bersama PKS ini sudah berkali-kali ya dan terbukti teman-teman PKS ini berjuang dengan hati, pejuang yang sangat pantang menyerah, tidak kenal lelah dan rasanya ingin kembali berjuang dengan teman-teman PKS," kata Sandiaga Uno seusai menghadiri Dialog Interaktif Bersama Pelaku Ekonomi Kreatif di Bogor, Ahad (7/5/2023).

PKS memang pernah mengusung Sandi menjadi calon wakil gubernur DKI Jakarta untuk mendampingi calon gubernur Anies pada 2017 lalu. Pasangan ini menang. PKS juga mengusung Sandi sebagai cawapres pendamping Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019 lalu.

Terkait peluang dirinya berpasangan kembali dengan Anies dalam kontestasi Pilpres 2024, Sandi menyerahkan hal itu kepada Ketua Majelis Syura PKS, Salim Segaf Al-Jufri dan pimpinan partai politik lainnya yang tergabung dalam koalisi pengusung Anies. "Bukan wewenang saya menentukan," kata Sandiaga.

Manuver politik Sandi ini mengejutkan sejumlah pihak. Pasalnya, Sandi dalam beberapa waktu terakhir digadang-gadang bakal bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan diusung menjadi cawapres pendamping Ganjar Pranowo.

Baca juga :