Polisi India, Muslim, dan Hindu Radikal

Polisi India

"Saya tidak takut mereka, jika polisi bertindak adil dan kami dibiarkan membela diri, Insya Allah dalam hitungan hari mereka akan hancur", ucap seorang Muslim di Uttar Pradesh menanggapi berbagai ancaman kelompok radikal Hindu yang disponsori partai penguasa.

Kenaikan kekerasan terhadap minoritas di India oleh kelompok radikal Hindu, tak lepas dari sikap polisi yang tidak adil.

Polisi yang cenderung memihak kelompok radikal, membuat mereka kebal hukum, atau minimal akan dihukum ringan, meski telah melakukan tindakan pembunuhan secara beramai-ramai, terhadap Muslim dan minoritas lain yang dituduh memakan daging Sapi.

Sebaliknya, ketika kelompok massa Muslim mengorganisasi diri, untuk membela diri, maka polisi India akan menghajar mereka. Bahkan jika ada massa radikal yang tewas akibat bentrokan, orang-orang Islam akan menjadi buruan hukum.

Untungnya India adalah negara Federal, tidak semua negara bagian dikuasai oleh Partai BJP dan ormas radikalnya.

Di negara bagian BJP tidak berkuasa, kondisi relatif lebih damai dan aman. Karena polisi bertindak lebih adil sesuai kebijakan negara bagian. Kepolisian cuma institusi di bawah kementerian dalam negeri dan bertugas di bawah kepala daerah.

Begitulah keuntungan sistem federal, jika pusat tak beres, daerah tidak sepenuhnya harus terbawa-bawa.

(Pega Aji Sitama)

Baca juga :