Asad Gunakan Pidato di Liga Arab Untuk Serang Turki Utsmaniyah dan Ikhwanul Muslimin

Body
[PORTAL-ISLAM.ID]  JEDDAH – Presiden Suriah Bashar Asad menyerang Turki selama pidatonya di KTT Liga Arab pada Jumat (19/5/2023) di Jeddah.

“Ada banyak masalah yang tidak cukup hanya dengan kata-kata atau pertemuan puncak, termasuk kejahatan entitas Zionis “Israel” terhadap orang-orang Palestina dan bahaya pemikiran ekspansionis Utsmaniyah yang dibumbui dengan ideologi Ikhwanul Muslimin yang menyimpang,” kata Asad.

Ini adalah pertama kalinya Asad muncul di Liga Arab sejak rezimnya ditangguhkan pada 2011 atas tindakan brutal terhadap demonstran yang menyebabkan konflik yang merenggut nyawa 500.000 orang.

Turki telah mendukung oposisi Suriah dan melakukan intervensi militer di Suriah utara, sementara Asad menerima dukungan penuh dari Rusia dan Iran.

Sebagian besar negara Arab juga memutuskan hubungan dengan rezim Asad setelah kekejamannya terhadap pengunjuk rasa dan warga sipil, tetapi banyak yang memulihkannya setelah berada di atas angin dalam konflik Suriah.

Dalam pidatonya, Asad juga meminta negara-negara Arab untuk tidak mencampuri “urusan dalam negeri” satu sama lain dan untuk mencegah “intervensi asing”, dengan mengatakan bahwa negara-negara Arab “dapat mengurus urusan mereka”.

“Saya berharap ini menandai awal dari fase baru tindakan Arab untuk solidaritas di antara kita, untuk perdamaian di wilayah kita, pembangunan dan kemakmuran, bukan perang dan kehancuran,” kata Asad dalam pertemuan di Jeddah.

Saat para pemimpin berjalan ke aula utama, Asad bertukar salam dengan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi, dan sebelum upacara pembukaan ia bertemu dengan presiden Tunisia dan wakil presiden Uni Emirat Arab.

“Saya ingin dengan lantang menyambut Suriah kembali ke kursinya di antara saudara-saudaranya,” kata Perdana Menteri Aljazair Ayman Benabderrahmane dalam pidato pembukaan KTT.

“Kami senang hari ini dengan kehadiran Presiden Suriah Bashar Asad dalam pertemuan puncak ini,” Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman, penguasa de facto kerajaan, mengatakan dalam sambutannya, menambahkan dia berharap kembalinya akan mengarah pada “stabilitas” di Suriah.

Dari sudut pandang Riyadh, pertemuan puncak yang sukses akan melibatkan komitmen konkret dari Suriah pada isu-isu termasuk pengungsi perang dan perdagangan captagon, kata Torbjorn Soltvedt dari perusahaan intelijen risiko Verisk Maplecroft. (arrahmah.id)
Baca juga :