JAS MERAH!! PSSI dan Sejarah Anti Penjajahan

JASMERAH (Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah)! PSSI lahir tahun 1930 dibidani aktivis pergerakan politik, yaitu Soeratin Sosrosoegondo, dan sebagai upaya menentang penjajahan Belanda. 

Soeratin menganggap sepak bola sebagai sarana membentuk patriotisme pemuda sebagai implementasi kongkret dan tindak lanjut nyata Sumpah Pemuda 1928 yang spirit intinya melawan penjajahan.

Nama Indonesia secara tegas disematkan dalam kepanjangan PSSI pertama kali, yaitu Persatoean Sepakraga Seloeroeh Indonesia. Padahal saat itu negara Indonesia belum ada karena masih di bawah jajahan Belanda. Semangat perlawanan PSSI terhadap penjajahan Belanda itu nyata.

DNA PSSI harusnya anti penjajahan. Bahaya jika spirit para pendiri bangsa hilang dari jiwa para pengurus PSSI karena jika demikian, PSSI akan terhegemoni kepentingan bisnis olahraga dan kepentingan-kepentingan sempit lainnya.

Jaga spirit anti penjajahan PSSI!

(Oleh: Dr. Indra Kusumah)

*NB: Info lebih lengkap terkait sejarah perlawanan PSSI terhadap penjajahan silakan klik official website PSSI πŸ‘‰https://www.pssi.org/about/history-description

Baca juga :