Turki mulai membangun rumah-rumah warga setelah gempa bumi dahsyat

[PORTAL-ISLAM.ID]   Turki telah memulai pekerjaan awal untuk membangun kembali rumah-rumah setelah gempa bumi dahsyat bulan ini, seorang pejabat pemerintah mengatakan pada Jumat (24/2/2023).

“Untuk beberapa proyek, tender dan kontrak telah dilakukan. Prosesnya berjalan sangat cepat,” kata pejabat tersebut, yang berbicara tanpa menyebut nama, seraya menambahkan bahwa tidak akan ada kompromi dalam hal keselamatan.

Lebih dari 160.000 bangunan yang terdiri dari 520.000 apartemen runtuh atau rusak parah dalam gempa bumi 6 Februari yang menewaskan lebih dari 43.500 orang di Turki dan hampir 6.000 orang di negara tetangganya, Suriah.

Setengah Juta Orang Membutuhkan Rumah Baru

Rencana awal pemerintah Turki saat ini adalah membangun 200.000 apartemen dan 70.000 rumah desa dengan biaya sedikitnya $15 miliar. Bank AS JPMorgan memperkirakan pembangunan kembali rumah-rumah dan infrastruktur akan menelan biaya $25 miliar.

UNDP mengatakan mereka memperkirakan bahwa kehancuran telah menyebabkan 1,5 juta orang kehilangan tempat tinggal, dan 500.000 rumah baru dibutuhkan.

Turki juga mengeluarkan peraturan baru di mana perusahaan dan badan amal dapat membangun rumah dan tempat kerja untuk disumbangkan kepada kementerian urbanisasi bagi orang-orang yang membutuhkan.

Banyak orang yang selamat telah meninggalkan wilayah Turki selatan yang dilanda gempa atau telah menetap di tenda-tenda, rumah-rumah kontainer dan akomodasi lain yang disponsori pemerintah.

Di Antakya, Saeed Sleiman Ertoglu (56), mengangkut barang-barang yang tersisa dari tokonya yang tidak rusak.

Ia memperkirakan hanya 5% dari barang dagangannya yang selamat.

“Apa yang bisa kami lakukan?” katanya. “Ini adalah ketentuan Tuhan, dan kehendak Tuhan selalu berbuah manis”.  

Korban jiwa mencapai 44.218

Korban tewas akibat gempa bumi besar yang berpusat di Kahramanmaraş yang melanda tenggara Türkiye mencapai 44.218, kata Badan Bencana dan Darurat Turki (AFAD), Jumat (24/2/2023).

Dalam sebuah pernyataan, badan penanggulangan bencana negara itu mengatakan 9.136 gempa susulan terjadi sejak 6 Februari.

Pernyataan tersebut juga mencatat bahwa 11.424 staf SAR dari organisasi lokal dan internasional, termasuk lembaga swadaya masyarakat (LSM), masih mengambil bagian di wilayah tersebut.

Lebih dari 239.977 lainnya dari AFAD, polisi, pasukan gendarmerie, tentara, paramedis dan tim keamanan dan pendukung lokal, serta sukarelawan, berada di wilayah tersebut.

Sejak gempa bumi, 335.382 tenda telah didirikan untuk menampung korban gempa dan tim terus membangun kota kontainer di 130 area berbeda di 10 provinsi, kata AFAD.

Lebih dari 1,9 juta korban gempa saat ini berlindung di asrama, hotel, wisma umum, fasilitas Kementerian Pendidikan dan fasilitas lainnya di zona gempa dan daerah yang tidak terkena gempa.

(DailySabah)
Baca juga :