Fakta Impor Mobil Esemka dari China Merendahkan Rakyat Indonesia

[PORTAL-ISLAM.ID]  Fakta mobil Esemka diimpor dari China telah melukai optimisme masyarakat Indonesia yang selama ini yakin dengan mobil buatan dalam negeri.

“Kebohongan ini jelas merendahkan ekspektasi dan optimisme warga negara,” kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah kepada Kantor Berita Politik RMOL sesaat lalu di Jakarta, Sabtu (18/2/2023).

Publik diyakini akan semakin kehilangan simpatinya kepada pemerintah. Sebab mobil Esemka yang selama ini disebut-sebut sebagai produk dalam negeri, ternyata impor dari negara China.

Terlebih, sejak kemunculannya, mobil Esemka dijadikan alat untuk propaganda politik dalam rangka memoles citra agar mendapat perhatian publik.

“Mobil Esemka sudah menjadi komoditas politik. Sehingga publik bisa kehilangan simpati, terlebih jika benar itu adalah mobil produksi China yang hanya dibuat merek Esemka,” tutup Dedi.

Mobil Esemka muncul di ajang pameran otomotif International Motor Show (IIMS) 2023, yang digelar mulai 16 hingga 26 Februari 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. 

Namun Esemka ini ternyata diimpor dalam bentuk completely built up (CBU) langsung dari China.

"Sementara masih diimpor dari China, tapi di masa depan bukan tidak mungkin akan kami produksi sendiri di Tanah Air," kata Direktur Utama Esemka, Eddy Wirajaya dikutip Jumat (17/2). 

Baca juga :