Emir Qatar tiba di Türkiye, pemimpin pertama yang berkunjung setelah gempa bumi

[PORTAL-ISLAM.ID]  ISTANBUL - Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, mengunjungi Türkiye dan bertemu dengan Presiden Recep Tayyip Erdoğan di Istanbul pada hari Minggu (12/2/2023). Kunjungan emir adalah yang pertama oleh seorang pemimpin asing ke Türkiye setelah gempa bumi mematikan Senin lalu.

Erdoğan dan Sheikh Tamim bertemu di Vahdettin Mansion di Istanbul, dan pembicaraan mereka tertutup untuk pers.

Qatar adalah salah satu negara pertama yang mengirimkan bantuan ke Türkiye setelah gempa bumi yang menewaskan ribuan orang. Kementerian Luar Negerinya mengumumkan satu hari setelah gempa bumi bahwa pemerintah akan mengirim 10.000 rumah mobil ke Türkiye dan Suriah, yang juga terkena dampak parah akibat bencana tersebut. Langkah tersebut "merupakan bagian dari upaya Qatar untuk berkontribusi meringankan korban gempa di Suriah dan Türkiye," kata kementerian tersebut. Sebelumnya, emir memerintahkan peluncuran angkutan udara untuk membantu korban gempa.

Kantor berita negara QNA mengatakan bahwa tim penyelamat, rumah sakit lapangan, bantuan kemanusiaan, tenda dan perlengkapan musim dingin juga akan dikirim ke negara tersebut.

Emir Al Thani sendiri menyumbangkan $14 juta untuk korban gempa yang digalang oleh stasiun TV Qatar.

Qatar Charity, sebuah organisasi nirlaba internasional, juga mengumumkan bahwa mereka mengirimkan lebih dari 43 ton bantuan kemanusiaan, mulai dari makanan dan peralatan kebersihan hingga bahan akomodasi, ke Türkiye, melalui pesawat Kargo Turki, baik untuk Türkiye maupun tetangganya Suriah.

(Sumber: DailySabah)
Baca juga :