Soal Sodetan Ciliwung, Pengamat Sindir Jokowi: Sebelumnya I Don’t Read What I Sign, Sekarang Gak Tau Kalo Proyek Sudah Jalan

[PORTAL-ISLAM.ID]  Pengamat kebijakan publik, Gigin Praginanto, menyindir Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang seolah memojokkan Anies Baswedan dalam proyek sodetan Kali Ciliwung.

Gigin menyindir Presiden Jokowi yang pernah menyatakan bahwa dirinya tidak membaca dokumen apa yang ditandatanganinya.

Setelah problem tersebut, kini Presiden Jokowi justru tidak tahu kalau ada proyek pemerintah pusat yang sudah berjalan setahun lebih di DKI Jakarta.

“Sebelumnya "I don't read what I sign," sekarang gak tau kalau ada proyek pemerintah pusat yang sudah berjalan setahun lebih di Jakarta,” ujar Gigin, dikutip NewsWorthy dari akun Twitter pribadi pada Kamis (26/1/2023).

Ia kemudian memaklumi Presiden Jokowi lupa akan proyek tersebut, mungkin karena saat ini presiden tinggal di Bogor dan sering berpergian kecuali berpergian ke Jakarta.

“Mungkin karena tinggalnya di Bogor dan sering terbang kesana-kemari kecuali Jakarta,” ujar pengamat kebijakan ini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku kaget lantaran Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mampu menggarap sodetan Ciliwung.

Bukan tanpa alasan, proyek tersebut mangkrak selama 6 tahun karena terkendala masalah pembebasan lahan, lebih tepatnya di era Anies Baswedan.

Usai pernyataan tersebut, mantan anggota TGUPP era Anies Baswedan membongkar fakta bahwa proyek tersebut terkendala pembebasan lahan dan Anies tidak mau memaksakan penggusuran.

Selain itu, mantan anggota TGUPP tersebut juga menunjukkan bahwa proyek sodetan Kali Ciliwung telah kembali dilanjutka pada 2021.*** [wartaekonomi]
Baca juga :