Misteri Jalan Politik Anies

Misteri Jalan Politik Anies

Oleh: Erizal

Sebelumnya, Surya Paloh bertemu Luhut Binsar Panjaitan di London. Baru-baru ini, Surya Paloh bertemu Presiden Jokowi di Istana. Entah mana yang dahulu atau berbarengan, Ahmad Ali, Waketum NasDem, menyambangi koalisi Gerindra-PKB.

Sontak, Demokrat dan PKS terlihat ketar-ketir. Respon cepat diberikan, agar NasDem tetap konsisten mengusung pencapresan Anies Baswedan. Meski lewat rilis, dukungan resmi langsung terbit dari Partai Demokrat. PKS juga seolah tak ada soal.

Tapi, justru NasDem yang mulai terlihat dingin. Respon cepat Demokrat-PKS, tak ditanggapi antusias. Ajakan membentuk Posko Bersama seperti Gerindra-PKB, masih bertepuk sebelah tangan. Jalan politik NasDem menjadi misteri.

Apakah pertemuan Surya Paloh dan Luhut Binsar Panjaitan dan pertemuan Surya Paloh dan Presiden Jokowi mulai berefek? Tak ada yang tahu. Wajar, Demokrat dan PKS ketar-ketir. Sebab, tanpa NasDem koalisi ini bisa bubar.

Kalau bubar, jalan politik Anies juga menjadi misteri. Apakah NasDem tetap mengusung Anies atau tidak? Bagaimana kelanjutan koalisi Demokrat-PKS? Tanpa NasDem syarat PT 20% tak cukup. Partai mana lagi mau bergabung?

Politik itu dinamis. Seperti permainan catur.

(*)
Baca juga :