INNALILLAHI... Serangan Jantung, Aktivis Tionghoa Lieus Sungkharisma Meninggal Dunia

[PORTAL-ISLAM.ID] Aktivis Tionghoa Lieus Sungkharisma meninggal dunia Selasa malam (24/1/2023), di RS Pondok Indah, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan. Lieus meninggal dunia karena serangan jantung yang begitu mendadak.

Kabar kepergian Lieus diterima redaksi Kantor Berita Politik RMOL dari asisten pribadinya, Icko Rahmawati.

Pemilik nama asli Li Xue Xiung yang lahir di Cianjur, Jawa Barat, 11 Oktober 1959, ini disebutkan menghembuskan nafas terakhir sekitar pukul 21.00 WIB di RS Pondok Indah, Bintaro Jaya.

Jenazah Lieus akan disemayamkan di Rumah Duka Heaven, Pluit, Jakarta Utara, untuk kemudian dikremasi.

“(Sakit) jantung, di RS Pondok Indah Bintaro mau dibawa ke Rumah Duka Heaven,” ujarnya kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa malam (24/1/2023).

Semasa hidup, Lieus pernah menjabat sebagai Ketua Umum Partai Reformasi Tionghoa Indonesia (PARTI), Wakil Bendahara Depinas SOKSI (Dewan Pimpinan Nasional Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia) periode 1986-1991, Ketua di DPP AMPI (Angkatan Muda Pembaruan Indonesia), dan DPP KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia).

Dia juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Generasi Muda Buddhis Indonesia (Gemabuddhi) pada tahun 1985, Ketua Perhimpunan Pengusaha Tionghoa DKI Jakarta dan Ketua Umum Multi Culture Society, sekaligus Wakil Presiden The World Peace Committee. Ia juga mengelola tabloid bernama Naga Post. 

Kesedihan itu juga diungkapkan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon. Lewat cuitan di media sosial, Fadli Zon menyampaikan rasa duka sekaligus mengenang perkenalannya dengan mendiang Lieus.

"Sungguh sedih dan merasa kehilangan. Saya mengenalnya sejak 1992, ketika almarhum menjadi Ketum Gemabudhi. RIP Bro Lieus," tulis Fadli Zon.

Dalam cuitan yang sama, Fadli juga mengenang sosok sang aktivis ketika masih hidup.

"Selamat jalan Bro Lieus Sungkharisma, aktivis yang berani bicara dan bersikap."

Lieus Sungkharisma dikenal kerap menyuarakan ketidakadilan yang dialami bukan hanya yang terjadi di tanah air, juga yang terjadi atas Palestina.[RMOL]