Argentina Dukung Palestina, Maradona: Dalam Hati Saya, Saya Orang Palestina

[PORTAL-ISLAM.ID] Pada 7 Desember 2010, Argentina menyatakan bergabung dengan Brasil dalam mengakui negara Palestina merdeka. Dukungan Argentina mendapatkan pujian dari pejabat Palestina, tapi teguran tajam segera dari Israel.

Israel menyebut pengumuman Buenos Aires tersebut patut disesalkan dan menyatakan itu bertentangan dengan perjanjian Israel-Palestina bahwa negara seperti itu hanya dapat diakui dengan persetujuan Israel.

Pemimpin Palestina Mahmud Abbas, dalam kunjungan ke Turki, menyatakan bangga atas keputusan Buenos Aires itu, kata pernyataan resmi.

"Pemerintah Argentina mengakui Palestina sebagai negara merdeka dan mandiri dalam perbatasan rumusan 1967," kata Menteri Luar Negeri Argentina Hector Timerman, membaca surat kiriman Presiden Argentina Cristina Kirchner kepada Abbas.

Maradona: Dalam Hati Saya, Saya Orang Palestina

Legenda sepakbola Argentina, Diego Maradona, semasa hidupnya dia dikenal sebagai sosok yang mendukung kemerdekaan Palestina.

Mengutip dari Aljazeera, pada 2012, Maradona menyebut dirinya sebagai penggemar nomor satu rakyat Palestina. 

“Saya menghormati mereka dan bersimpati dengan mereka. Saya mendukung Palestina tanpa rasa takut," katanya saat itu.

Dua tahun kemudian, saat militer Israel menyerang Gaza dan menewaskan 3 ribu warga Palestina, Maradona berang. 

Ia secara terbuka mengkritik Israel. "Apa yang dilakukan Israel terhadap Palestina sangat memalukan," katanya dalam sebuah pernyataan.

Setahun kemudian, beredar kabar bahwa Maradona sedang bernegosiasi dengan Asosiasi Sepak Bola Palestina untuk peluang  melatih tim nasional mereka selama perhelatan Piala Asia AFC 2015.

Selain itu, pada Juli 2018, Maradona bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Moskow. Saat itu kembali menegaskan dukungannya untuk Palestina. "Dalam hati saya, saya orang Palestina," katanya kepada Abbas sambil memeluknya.

Pada 25 November 2020, Maradona menghembuskan nafas terakhir karena serangan jantung pada usia 60 tahun.


Baca juga :