Banyak Pemenang di Piala Dunia 2022 Qatar

Banyak Pemenang di Piala Dunia 2022

Argentina membawa pulang Piala Dunia. Messi mengokohkan legacy-nya (sekaligus turun panggung) sebagai GOAT. Mbappe dengan usianya yang masih amat muda, sudah mengemas Golden Boot, dan sangat mungkin akan menjadi pemecah rekor di piala dunia selanjutnya.

Dan tentunya pemenang paling signifikan adalah Qatar sebagai penyelenggara PD2022 yang sukses dari sudut pandang manapun. Dari 62 pertandingan, tidak ada insiden serius, tidak ada hooliganisme. 

Bahkan pujian dilantunkan kepada supporter Inggris dan Wales yang sama sekali tidak ada yang ditangkap selama di Qatar. Uniknya, justru ada 115 penahanan oleh polisi terkait Piala Dunia di dalam Inggris sendiri. Apakah itu karena absennya (atau pembatasan ketat) minuman beralkohol di Qatar?

Ratusan ribu pengunjung yang membanjiri Qatar sepertinya juga senang dengan pengalaman mereka, berinteraksi dengan orang dari berbagai negara, dan mendapatkan keramahan sebagai tamu di masyarakat Arab. Jarang sekali kita jumpai konten negatif dari para fans. Sering terlihat mereka, meski berbeda pendukung, tetap bisa menjaga diri.

Cancel culture dan ajakan boikot yang coba dilakukan oleh beberapa media Barat, ternyata tidak berhasil. Nyinyiran mereka hanya laku di kalangan sendiri.

Piala Dunia ini berhasil menyajikan kompetisi yang dramatis, yang akan terus dikenang karena penuh perjuangan, dan menghasilkan juara dari sebuah final yang fantastis.

(Muhammad Jawy)