Pendeta Rusia Vladimir Ugryumov masuk Islam, Setelah menghabiskan 15 tahun sebagai pendeta di Gereja Ortodoks

[PORTAL-ISLAM.ID] Pendeta Rusia Vladimir Ugryumov masuk Islam

Setelah menghabiskan 15 tahun sebagai pendeta di Gereja Ortodoks, sebuah peristiwa terjadi padanya yang secara radikal mengubah seluruh hidupnya.

Vladimir Ugryumov adalah seorang pendeta di Gereja Ortodoks. Kisahnya dimulai ketika seorang gadis Kristen masuk Islam. Gadis ini dulu tinggal tidak jauh dari tempat tinggal pendeta.

Dan sebagai seorang pendeta, hal ini menarik perhatiannya, maka Pendeta Vladimir mulai mempelajari Islam, untuk mengetahui alasan yang mendorong banyak orang meninggalkan Kristen dan masuk Islam.

Dan ketika ia mulai mempelajari Islam, ia menemukan banyak kesamaan antara Kristen dan Islam. Muslim, seperti orang Kristen, mencintai dan menghormati Yesus Kristus dan ibunya Maria, dan percaya pada semua keajaiban yang dilakukan Yesus, percaya bahwa dia menyembuhkan orang sakit, mengangkat orang yang tertekan, menyembuhkan penderita kusta, dan menghidupkan kembali orang mati. Semua hal ini dia lakukan dengan izin Tuhan Yang Maha Esa, dan mereka percaya bahwa Tuhan mengangkatnya ke surga, dan bahwa dia akan kembali ke bumi, begitu pula kepercayaan orang Kristen. 

Muslim percaya bahwa Yesus Kristus lahir secara ajaib dari Maria tanpa campur tangan laki-laki, dan percaya bahwa Maryam, ibu Kristus, adalah wanita terbaik di dunia, dan dia adalah satu-satunya wanita bernama Surat Lengkap dalam Al-Qur'an atas namanya. Demikian pula, umat Islam percaya pada banyak kepribadian penting yang dikenal dalam Alkitab sebagai nabi dan utusan dari Tuhan Yang Maha Esa, seperti: Ibrahim, Ismael, Ishak, Yakub, Yusuf, Musa, Harun, Daud, Sulaiman, Nuh, Lot, Zakharia, Yunus, Ayub , dan Yohanes Pembaptis, selain keyakinan mereka bahwa Muhammad dan Yesus juga adalah nabi dan utusan dari Tuhan Yang Maha Esa.

Juga, umat Islam percaya, menurut Al-Qur'an, bahwa Yesus adalah Mesias (Almasih).

Namun hal terpenting yang menarik perhatian Pendeta Vladimir ketika mempelajari Islam, dan menariknya dengan kuat, adalah kemudahan konsep monoteisme dalam Islam dibandingkan dengan konsep Tritunggal Mahakudus dalam agama Kristen (Trinitas).

Tritunggal Mahakudus adalah doktrin Kristen, orang Kristen percaya bahwa Bapa adalah Tuhan, Yesus adalah Tuhan [dan Anak Tuhan pada saat yang sama!!! ], dan Roh Kudus adalah Tuhan, tetapi mereka bukan tiga tuhan tetapi hanya satu Tuhan. Bapa bukanlah Anak, Anak bukanlah Roh, Roh, bukanlah Bapa. 

Konsep Tritunggal ini sangat kompleks dan banyak orang Kristen mengalami kesulitan untuk memahaminya. Namun Pendeta Vladimir saat itu tidak berpikir untuk mengubah agamanya; Karena dia tidak percaya bahwa ada agama lain yang lebih sahih atau diterima dari agama Kristen.

Tetapi ketika dia mulai mempelajari Islam, dia menemukan bahwa konsep Tuhan dalam Islam sangat jelas, umat Islam hanya percaya pada satu Tuhan, Tuhan ini adalah Tuhan dan pencipta Yesus dan ibunya, dan Dia adalah Tuhan yang sama dengan keyakinan Yesus Kristus. Mengacu pada Injil Yohanes, 20:17, dengan mengatakan "Allahku dan Allahmu." Dia adalah Tuhan yang sama yang disembah dan didoakan oleh Yesus Kristus di atas gunung dalam Injil Lukas 6:12:
"dan Dia (Yesus) menghabiskan sepanjang malam dalam doa kepada Tuhan".

Dan jika seseorang membaca Al-Qur'an (yang merupakan kitab suci umat Islam) dia akan menemukan di dalamnya bahwa Kristus memanggil manusia untuk menyembah satu Tuhan.

وَقَالَ الْمَسِيْحُ يٰبَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ اعْبُدُوا اللّٰهَ رَبِّيْ وَرَبَّكُمْ

Almasih (Isa) berkata, “Wahai Bani Israil, sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu!” [Qur'an, 5:72]
  
Muslim tidak percaya bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan, melainkan percaya bahwa dia adalah Utusan Tuhan dan Nabi Tuhan.

Pendeta Vladimir berkata: Inilah yang selalu saya rasakan bahwa Tuhan itu esa, bahwa Yesus adalah Nabi Tuhan dan Utusan Tuhan, tetapi dia bukan Tuhan.

Pendeta Vladimir menyebutkan perasaannya saat mendengar adzan pertama kali di Turki sebelum masuk Islam. Dia berkata:

“Saya merasakan perasaan khusus ketika mendengar adzan, seolah-olah jiwa saya ditarik ke masjid, tetapi saya telah menjadi pendeta selama lima belas tahun terakhir, dan telah melayani di gereja yang berbeda, jadi saya tidak mengikuti panggilan jiwaku saat itu. Tapi hari ini aku pergi ke masjid, aku memutuskan untuk pergi ke Mekkah dengan berjalan kaki.”

Salah satu anggota gereja tempat pendeta itu berasal mengatakan bahwa semua orang menghormatinya dan sangat mencintainya, tetapi sesuatu terjadi padanya yang membuatnya meninggalkan gereja dan masuk Islam.

Sementara itu, Pendeta Vladimir berkata: Bahwa dia sangat mencintai mantan anggota gerejanya, menghormati mereka, dan berterima kasih atas perlakuan baik mereka terhadapnya, dan berkata: Beberapa teman sejati tidak memahami saya, tetapi ini adalah keputusan saya.

Setelah menyelesaikan mempelajari Islam, Pendeta Vladimir yang berusia 48 tahun tahu bahwa agama ini (Islam) adalah agama monoteisme murni, dan itu adalah agama semua nabi, jadi dia meninggalkan pelayanannya di gereja sepenuhnya, masuk Islam dan memutuskan segera setelah itu berangkat haji dengan berjalan kaki.

Setelah masuk Islam, pendeta Vladimir Ugryumov mengubah namanya menjadi Said Muhammad.

[VIDEO - Kisah Pendeta Rusia Vladimir Ugryumov masuk Islam]
Baca juga :