Turki Wisuda 800 Santri Penghafal Al Quran

[PORTAL-ISLAM.ID]  Darul Ifta di Kayseri, Turki tengah, menyelenggarakan upacara akbar pada hari Selasa (25/10/2022) untuk wisuda angkatan baru 800 siswa yang menghafal Al-Qur'an, di hadapan Kepala Urusan Agama Turki, Profesor Ali Erbash.

800 Hafiz, terdiri dari 514 laki-laki dan 286 perempuan.

Dalam pidatonya pada upacara tersebut, Profesor Ali Erbash mengatakan, “Kami beruntung bahwa keinginan dan kegembiraan menghafal Al-Qur'an di negara kita meningkat dari hari ke hari, dan minat terhadapnya meningkat. Menghafal Al-Qur'an adalah yang terbesar. Berkah yang Tuhan berikan kepada manusia."

Erbash melanjutkan, menekankan "kebutuhan untuk percaya pada Al-Qur'an sebagai pedoman dan panduan untuk hidup, dan untuk memahami dan menjalani pesan yang memberi kehidupan dengan cara yang paling akurat. Kita semua harus berusaha keras untuk memahami dan menjalaninya dengan cara yang terbaik."

Dihadapan para wisudawan, beliau menambahkan, “Saya doakan semoga kalian berbuah dan sukses abadi. Menghafal Al-Qur'an adalah berkah terbesar yang Allah berikan kepada manusia. Apapun gelar duniawi yang Anda kaitkan, gelar Hafiz al-Quran adalah setinggi-tingginya, dan hendaklah Al-Qur'an menjadi pemeliharamu."

Sebelumnya, Direktur Jenderal Layanan Pendidikan di Direktorat Urusan Agama Turki, Kadir Din, mengumumkan bahwa 11.773 siswa telah menyelesaikan hafalan Al-Qur’an selama tahun 2021 dan memperoleh hak untuk mendapatkan sertifikat Hafez untuk Al-Qur’an.