Tere Liye: JANGAN MENYALAHKAN RAKYAT!!!

JANGAN MENYALAHKAN RAKYAT

Kalian lihat kompilasi foto-foto ini? 

Lihatlah, duluu, KRL Jabodetabek itu mengerikan. Kacau balau. Namanya juga ribuan penumpang, susah diatur. 

Duluuu, orang-orang sibuk menyalahkan penumpang, susah diatur, susah diubah, memang sudah sifat orang Indonesia begini.

Tapi ternyata, saat ada pemimpin yang visioner, berani, tegas, pintar, masalah ini selesai loh? 

Lewat langkah-langkah yang kongkrit. Lewat strategi-strategi yang brilian. Beres loh? Jadi rapi. Bagus. 

Kok bisa? Karena memang ada yang niat, dan mau mengubahnya. 

Jadi, ayolah, berhenti menyalahkan rakyat kecil jika ada masalah.

Kasus suporter Arema yang mati 120 lebih ini misalnya. Wow banget deh, siapapun yang menyalahkan suporter, kamu harus lihat contoh KRL ini. 

Kamu teh nyalahin suporter, simpel karena belain polisi, belain pemerintah. Orang-orang ini korslet, mudah banget nyalahin suporter, dia tidak bisa membayangkan jika sesuatu itu bisa diubah.

Suporter bola itu bisa diubah. Jika kamu bisa mengubahnya. Tapi bagaimana mau diubah, kompetisi kamu itu carut-marut. Coba lihat deh kasus-kasus selama ini. Pemain berantem, mukul wasit, dll, dsbgnya. Belum lagi skandal-skandal lain. Jangankan mau mengubah suporter, mengubah manajemen liga, panpel, dll sj kamu tidak bisa. 

Tapi begitulah, bagi orang-orang berpikiran pendek, maka solusi mudahnya adalah: salahkan rakyat saja! Apalagi bagi buzzer-buzzer yg mentalnya memang hanya sibuk menjilat kelompoknya saja.

Banjir? Salahkan rakyat yg buang sampah sembarangan. Pengangguran tinggi? Salahkan rakyat yang pemalas. Hutan-hutan rusak? Salahkan rakyat yg buka kebun. Pokoknya semua salah rakyat. Bahkan saat idola dia tdk menang pilpres besok lusa, dia akan komen: 'Rakyatnya goblok!' Tapi coba kalau idolanya menang, 'Rakyat itu sudah pintar.'

Orang-orang ini, yg menyalahkan suporter atas kasus Kanjuruhan, adalah contoh orang-orang yg sebenarnya penyakit bagi negeri ini. 

Mereka boleh jadi tidak mencintai negeri ini. Mereka tidak berharap ada perbaikan. Bagi mereka, yg masalah adalah rakyatnya. Lupa, heh, dia juga rakyat. What? Dia berharap jadi komisaris? Kasihan.

Sy sih, yakin sekali, suporter bisa diubah, rakyat bisa diubah, sepanjang memang mau.

(By Tere Liye)

*fb