Suporter Bayern Munchen Bentangkan Spanduk Solidaritas Kanjuruhan: MORE THAN 100 PEOPLE KILLED BY THE POLICE (Lebih dari 100 Orang Dibunuh Polisi)

[PORTAL-ISLAM.ID]  Suporter Bayern Munchen menunjukkan solidaritas kepada pendukung Arema FC dan juga sepak bola Indonesia dengan mengenang Tragedi Kanjuruhan.

Bentuk simpati itu disampaikan fans Die Bayern dengan membentangkan spanduk dalam laga Bayern vs Viktoria Plzen di Liga Champions di Allianz Arena, Selasa (4/10/2022).

Pertandingan Grup C Liga Champions itu dibuka dengan mengheningkan cipta untuk korban Tragedi Kanjuruhan yang mencapai 125 orang, akhir pekan lalu.

Tidak saja melalui mengheningkan cipta, Tragedi Kanjuruhan hadir dalam laga Bayern vs Viktoria melalui dua spanduk yang dibawa suporter tuan rumah.

"MORE THAN 100 PEOPLE KILLED BY THE POLICE (Lebih dari 100 orang dibunuh oleh polisi)," bunyi tulisan merah dalam spanduk putih yang dibawa pendukung Bayern.

"REMEMBER THE DEAD OF KANJURUHAN (Mengenang kematian di Kanjuruhan)," bunyi tulisan hitam dalam spanduk putih satunya.

Tragedi Kanjuruhan bukan saja jadi duka bagi sepak bola Indonesia, tetapi dunia. Di Benua Biru, laga pekan ketiga Liga Champions diawali dengan mengheningkan cipta untuk Tragedi Kanjuruhan.

Insiden tragis itu bermula dari kekalahan tuan rumah Arema dari Persebaya Surabaya, 2-3. Kekalahan membuat suporter turun ke lapangan.

Tetapi sikap suporter itu berujung bentrok dengan polisi. Bentrokan berlanjut dengan tembakan gas air mata polisi kepada pendukung Arema.

Tembakan gas air mata yang diarahkan ke tribune membuat penonton panik dalam menyelamatkan diri. Kondisi itu membuat penonton berdesakan dalam mencari jalan keluar.

Imbasnya penonton saling injak dan sesak napas karena asap gas air mata. Sejauh ini pemerintah baru merilis 125 orang yang tewas, termasuk dua anggota polisi.

[Sumber: CNN Indonesia]

***

"Anda boleh membohongi satu dua orang, tapi tidak bisa membohongi seluruh dunia. Dan dunia sudah mencatat. Yang dibutuhkan hanya rasa empati dan tindakan² yang pasti,"

ujar mantan Ketua Komisi Yudusial Prof. Dr. Aidul Fitriciada Azhari di akun twitternya @AidulFa mengomentari spanduk suporter Bayern.