Lima Tahun Berhasil Pimpin Jakarta, Anies Baswedan Layak Jadi Presiden

[PORTAL-ISLAM.ID]  JAKARTA - Anies Rasyid Baswedan layak dipilih dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Sejumlah alasan Gubernur DKI Jakarta tersebut layak dipilih disampaikan oleh Juru Bicara Jaringan Rakyat Bersama Anies Baswedan (Jari Manies), Setiyono, di Jakarta, Kamis, 13 Oktober 2022.

Menurut Setiyono, keberhasilan Anies dalam memimpin Ibu Kota Jakarta selama lima tahun patut diapresiasi, sehingga ia layak dipilih rakyat menjadi presiden. Selain itu, rakyat membutuhkan pemimpin yang berotak besar (cerdas).

"Ke depan kita membutuhkan pemimpin seperti Anies yang berotak besar (cerdas), bukan berotak kecil," kata Setiyono dalam dalam acara, "Soft Launching Relawan Anies."

Anies Baswedan, kata Setiyono, sangat layak dipilih menjadi presiden dalam Pilpres 2024. Tentu hal itu dilihat dari rekam jejaknya selama memimpin Jakarta yang secara perlahan dan pasti memenuhi janji-janji kampanyenya. 

"Bukan seperti pemimpin sekarang (Presiden Joko Widodo), yang hanya bisa menyebarkan janji-janjinya saat kampanye 2019 yang lalu," tandas Setiyono.

Menurut Setiyono, Anies adalah pemimpin yang amanah. Hal itu bisa dilihat selama ia memimpin Jakarta.

Amanah, karena Anies tidak mau mengecewakan warga Jakarta yang telah memilihnya menjadi gubernur periode 2017-2022. Bukti amanah, karena dia menolak tawaran dari Prabowo Subianto menjadi Calon Wakil Presiden dalam Pilpres 2019 yang lalu.

Tawaran dari Prabowo waktu itu dijawab Anies dengan kalimat,  "Saya ingin fokus menjaga amanah saya ke warga DKI Jakarta." 

Anies Baswedan akan segera mengakhiri masa jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta pada Ahad 16 Oktober mendatang.

Sebelumnya, Partai NasDem secara resmi telah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024.

Namun Partai NasDem membutuhkan mitra koalisi untuk bisa memenuhi syarat Presidential Threshold 20 persen. 

Sejauh ini, Partai NasDem sudah menjalin komunikasi intensif dengan Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera untuk membangun koalisi mengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024.(*)