Jembatan Crimea-Rusia Hancur Diledakkan Oleh BOM MOBIL (Bom Syahid) dari Mujahidin Crimea

Perang Ukraina ini unik. Menyatukan banyak suku bangsa kelompok dan agama. Bersatu padu dengan segala cara melawan Rusia.

Tadi jembatan Kerch yang menghubungkan Crimea dengan Rusia, Putus dihantam ledakan luar biasa besar.

Awalnya dikira itu akibat senjata HIMARS (peluncur roket) suplai dari Amerika. Ternyata semata dilakukan mujahidin Crimea dengan bom istisyhadi yang biasa kita kenal bom bunuh diri.

***

Seorang pejabat Ukraina memberikan komentarnya setelah laporan menyebut kebakaran dan ledakan mengguncang jembatan Crimea. 

Komentar dari penasihat kepresidenan Ukraina, Mykhailo Podolyak, itu menyatakan bahwa 'semua yang ilegal harus dihancurkan'.

Jembatan Crimea adalah hal ilegal yang dibangun Rusia untuk mencaplok wilayah Crimea yang merupakan wilayah Ukraina.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Sabtu (8/10/2022), otoritas Rusia sebelumnya menyebut kebakaran hebat yang menyelimuti rangkaian tangki bahan bakar yang diangkut dengan kereta di jembatan Crimea disebabkan oleh sebuah bom mobil.

"Crimea, jembatan, awal mula," tulis Podolyak dalam komentarnya via Twitter, sembari menyertakan foto bagian jembatan Crimea yang separuhnya terendam air.

"Semua yang ilegal harus dihancurkan, semua yang dicuri harus dikembalikan pada Ukraina, semua yang diduduki oleh Rusia harus diusir," cetus Podolyak yang merupakan salah satu penasihat politik untuk Presiden Volodymyr Zelensky ini.

Diketahui bahwa jembatan yang dibangun atas perintah Presiden Vladimir Putin di atas Selat Kerch itu menjadi satu-satunya penghubung antara wilayah Crimea dengan Rusia. Moskow mencaplok wilayah Crimea dari Ukraina tahun 2014 lalu, dalam langkah yang tidak diakui dunia internasional.

Selama perang di Ukraina berlangsung beberapa bulan ini, jembatan Crimea yang terdiri atas ruas jalanan dan rel kereta api itu menjadi jalur transportasi utama untuk membawa peralatan militer kepada tentara Rusia yang bertempur di Ukraina, terutama di wilayah selatan, juga mengangkut pasukan Moskow.

Rusia diketahui menjaga jembatan itu tetap aman selama bertempur dengan Ukraina, dan mengancam akan melakukan pembalasan terhadap Kiev jika jembatan itu diserang.

[VIDEO detik-detik bom mobil menghancurkan jembatan Crimea]