[BREAKING] Pesta Halloween di Itaewon Seoul: 149 tewas, 150 lebih luka

[PORTAL-ISLAM.ID]  Sedikitnya 149 orang telah tewas dan 150 terluka dalam gelombang kerumunan yang tampak selama perayaan Halloween yang padat di Itaewon Seoul, Korea Selatan, Sabtu malam (29/10/2022), menurut kepala Departemen Pemadam Kebakaran Yongsan, seperti dilansir CNN.

Berikut adalah perkembangan terbaru.

Korban tewas bisa meningkat: Dengan rumah sakit setempat merawat puluhan orang yang terluka dari keadaan darurat Halloween di Seoul, jumlah korban tewas kemungkinan akan meningkat, kata seorang pejabat kesehatan setempat. Penyebab cedera dan kematian dalam insiden itu belum dikonfirmasi secara resmi, tambah Choi Jae-won, kepala Pusat Kesehatan Yongsan.

Pejabat menyalahkan lonjakan massa: Seorang petugas pemadam kebakaran setempat menggambarkan keadaan darurat itu sebagai “dugaan penyerbuan,” tetapi penyelidikan baru saja dimulai. Beberapa rincian tentang cedera tertentu diberikan. Kantor Berita Yonhap melaporkan puluhan orang menderita "serangan jantung" dan kesulitan bernapas.

Pihak berwenang mengatakan keadaan darurat itu bukan karena kebocoran gas atau kebakaran di distrik klub malam yang populer. Mereka mulai menerima laporan tentang orang-orang yang "terkubur" di antara kerumunan di sana sekitar pukul 10:24 malam. waktu setempat (09:24 ET) Sabtu.

Saksi mengamati adegan kacau: Seorang saksi mengatakan orang-orang macet di jalan sempit dan tidak bisa bernapas. “Saya melihat orang-orang pergi ke sisi kiri dan saya melihat orang itu pergi ke sisi yang berlawanan,” kata Sung Sehyun kepada CNN. “Orang di tengah macet, jadi mereka tidak punya cara untuk berkomunikasi. Mereka tidak bisa bernapas.”

Menurut Kepala Departemen Pemadam Kebakaran Yongsan Choi Seong-bum, 1.701 personel tanggap berada di lokasi, termasuk 517 petugas pemadam kebakaran, 1.100 polisi, dan 70 pegawai pemerintah.

Mayat para korban sedang dipindahkan ke beberapa kamar mayat rumah sakit, menurut Choi.

Presiden Korea Selatan mendesak pihak berwenang untuk segera mengidentifikasi korban demi keluarga mereka

Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol telah memerintahkan pihak berwenang untuk segera mengidentifikasi para korban di Seoul demi keluarga yang khawatir, menurut seorang juru bicara.

Yoon segera mengaktifkan markas manajemen darurat, dengan perdana menteri negara yang bertanggung jawab, dan memerintahkan menteri dalam negeri dan keselamatan untuk memulai penyelidikan penyebab insiden itu, kata Kim Eun-hye, seorang pejabat hubungan masyarakat untuk presiden.

Sebagian besar korban di Seoul adalah remaja atau orang berusia 20-an

Sebagian besar dari mereka yang terluka atau tewas dalam insiden Halloween di lingkungan Itaewon Seoul Sabtu malam adalah remaja atau orang-orang berusia 20-an, menurut kepala Pemadam Kebakaran Yongsan.

Dalam pembaruan Minggu pagi, Kepala Pemadam Kebakaran Choi Seong-bum mengatakan setidaknya 149 orang tewas dan 76 orang terluka. Sembilan belas dari orang-orang itu terluka parah sementara 57 lainnya menderita luka ringan.

Sabtu malam, ketika para pejabat masih berusaha memahami lingkup penuh tragedi itu, pihak berwenang mengatakan sebanyak 150 orang terluka.

Presiden Korea Selatan mendesak para pejabat untuk segera mengidentifikasi mereka yang tewas, karena banyak orang masih belum ditemukan.

(Sumber: CNN)

[VIDEO]