Bentuk Kuping Jokowi Jadi Sorotan Netizen, Dianggap Beda Antara Foto Wisuda UGM dengan Sekarang

[PORTAL-ISLAM.ID]  Kontroversi soal ijazah Presiden Jokowi masih berlanjut. Namun kali ini bukan soal asli atau palsu ijazah Jokowi, tapi soal foto Jokowi saat wisuda UGM.

Pada hari Minggu 16 Oktober 2022 lalu, Presiden Jokowi melalui akun twitternya menguanggah foto wisudanya saat lulus S1 Fakultas Kehutanan UGM tahun 1985.

Yang menjadi sorotan netizen adalah bentuk kuping Jokowi saat wisuda lulus UGM (1985) dengan bentuk kuping Jokowi saat jadi Wali Kota Solo dan saat sekarang.

Dari pengamatan, beberapa netizen menyebut ada perbedaan bentuk kuping Jokowi dulu dan sekarang.

"Gw gk tertarik bahas ijazah jokowi. Mau palsu mau asli. bodo amat. Tp ijin gw nanya nih kuping super baplang loe saat wisuda @UGMYogyakarta bisa berubah om @jokowi operasi dimana?" cuit akun twitter @Res_tycayah.

Hal senada disampaikan netizen lain.

"Ini photo wisuda yg diupload oleh akun Jokowi, kupingnya menghadap ke depan alias caplang, yg satunya photo jokowi saat jd walikota… mirip banget ya? 🤣," sindir akun @bungdree.
 
Netizen lain menyebut bentuk kuping itu tidak bisa berubah, kecuali lewat operasi.

"Nah itu dia. Kuping yang baplang gak bisa di rubah ke bentuk pada gambar yang ke dua. Hanya bisa dilakukan melalui operasi. Kuping ga bisa dibohongi. Dari kecil baplang sampe kakek2 pun akan tetap baplang," ujar akun @MangKonod.