Rifdah Farnidah, Dosen Indonesia Juara 1 Hafalan Al-Qur'an 30 Juz Tingkat Dunia

[PORTAL-ISLAM.ID]  Perempuan Indonesia asal Sumedang, Jawa Barat, Rifdah Farnidah berhasil menjadi juara 1 Musabaqoh Hifzhil Quran (MHQ) kategori 30 juz dalam ajang 107’s Family Quranic Competition di Nigeria. 

Ajang tersebut diikuti oleh 87 peserta dari berbagai negara di dunia, seperti Arab Saudi, Amerika Serikat, India, Ghana, Liberia hingga Turki. 

Kemenangan Rifdah membuat orang penasaran dengan profil Rifdah Farnidah.

Lantas siapa sebenarnya Rifdah Farnidah ini? Simak profil Rifdah Farnidah berikut ini.

Rifdah Farnidah merupakan dosen Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) di Institut Ilmu Alquran (IIQ) Jakarta. Sebelumnya, nama Rifdah Farnidah telah dikenal luas setelah meraih juara 2 MHQ Internasional yang diselenggarakan di Yordania pada tahun 2018 silam.

Rifdah lahir pada 3 Juni 1995 yang merupakan anak dari pasangan Muhammad Kadris dan Ai Faridah. Diketahui bahwa, kakek Rifdah merupakan seorang ulama besar di Sumedang yang bernama KH Muhammad Aliyuddin.

Rifdah lulus pendidikan S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir Institut Ilmu Al-Quran pada tahun 2017. Setelah itu, Rifdah melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2 di jurusan dan universitas yang sama. Sebelumnya, Rifdah pernah menempuh pendidikan di Pesantren Al Hikamussalafiyyah di Sumedang. 

Sejak berusia 10 tahun atau sejak kelas 4 SD, Rifdah mulai menghafal Al-Quran. Hal ini dikarenakan motivasi dari Bibinya yang merupakan seorang penghafal Al-Quran. Hingga akhirnya Rifdah berhasil menghafal 30 juz pada usia 16 tahun atau saat dirinya berada di kelas 1 Madrasah Aliyah.

Perempuan asal Sumedang tersebut berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan meraih juara 1 MHQ yang diselenggarakan di Nigeria.

"Alhamdulillah saya bersyukur masih diberikan kesempatan mengikuti musabaqah di tingkat internasional dan bisa memberikan hasil yang terbaik untuk Indonesia. Tentunya apa yang saya raih saat ini tidak lepas dari do'a dan bimbingan dari guru-guru saya di pondok pesantren al-Hikamussalafiyyah Sumedang dan Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta," kata Rifdah seperti yang dikutip dari laman Kementerian Agama (Kemenag), Kamis (19/5/2022).

Melalui pencapaian Rifdah, Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani memberikan apresiasi dan bangga yang mendalam terhadap prestasi Rifdah menjadi juara 1 Musabaqoh Hifzhil Quran (MHQ) kategori 30 juz yang berlangsung pada 8 April - 26 April 2022.(*)