HEBOH Komnas HAM Melipat Kertas Untuk Menutupi Sesuatu Saat Konpers, Apa Itu Isinya? Kok Ditutupi?

[PORTAL-ISLAM.ID] Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) menggelar konferensi pers di kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, pada Rabu kemarin, 27 Juli 2022, terkait kasus kematian Brigadir J.

Dalam konpers itu Komnas HAM menyatakan telah memeriksa sedikitnya 20 video rekaman CCTV yang tersebar di 27 titik yang sempat merekam perjalanan Brigadir J dan rombongan dari Magelang, Jawa Tengah menuju Jakarta dan saat tiba di lokasi.

"Dari 20 video dari 27 titik kami lihat semuanya dari Magelang sampai Duren Tiga (rumah dinas kadiv propam), termasuk juga video sampai Kramat Jati (rumah sakit)," ujar Komisioner Komnas HAM Choirul Anam dalam konferensi pers di kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 27 Juli 2022.  

Namun ada yang menarik saat konpers Komnas HAM ini. Terlihat dari video Komisioner Komnas HAM Choirul Anam sempat melipat kertas untuk menutupi sesuatu.

Video yang berasal dari akun tiktok @gunprast dan diunggah pengguna Twitter, @Khoirunnisa378. 

Potongan video memperlihatkan saat Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam yang menggelar konferensi pers terkait hasil siber dan labfor terkait CCTV, percakapan ponsel, juga pemeriksaan ajudan Irjen Ferdy Sambo terkait penembakan Brigadir J hingga tewas.

Di depan podium, terdengar Anam mengatakan, “Kami akan analisis, …… sudah dikasi, jaring-jaring siapa ngomong apa juga sudah dikasi, saya akan tunjukkan.” Anam lalu beranjak meninggalkan podium berlogo garuda.

Anam yang mengenakan sarung tangan ungu, mendekati sebuah kertas putih yang disodorkan seorang wanita berbaju krem. 

Kemudian, Anam memperlihatkan kertas putih itu ke arah jurnalis. Blits kamera tampak menyala. Namun, dia menyadari ada bagian pada sebelah kiri kertas bergambar siku. Kemudian bagian itu dilipat dan ditutupi.

Usai itu Anam bergegas hendak kembali ke podium, ketika jurnalis meminta difotokan lagi. “Belum pak, belum pak!” teriak jurnalis.

Anam kemudian mengangkat dua jempol, lalu kembali memegang kertas tersebut. Akan tetapi saat itu, kertas tersebut sudah terlipat baik dan gambar bersiku itu sudah tertutup. Jurnalis masih meminta penjelasan ketika di depan podium Anam mengatakan, “saling berseri”.

Gambar yang ditutupi itu lantas menimbulkan kecurigaan dari netizen. “Ada yg bisa jelaskan ini kenapa kertasnya harus di lipat??” tanya akun @Khoirunnisa378.

Seorang netizen, @sigitTh6 juga mempertanyakan gambar tersebut. “Gambar opo kui bang..,” cuitnya.

Ada warganet yang mengatakan itu mirip TKP di Duren Tiga saat tembak menembak di depan tangga. “Itu kayak gambar TKP,” cuit @KangGembok46.

[VIDEO]