Anies Bangun Kampung Gembrong (Pasca Kebakaran) dari Uang Infak Shalat Id di JIS

[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membangun 136 unit rumah di Kampung Gembrong, Jatinegara, Jakarta Timur, yang terdampak kebakaran Pasar Gembrong pada April lalu. Menurut Anies, pembangunan itu menelan biaya Rp7,8 milar.

"Hari ini kita melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan ulang. Kampung Gembrong ini rencananya dinamai 'Kampung Gembira Gembrong'. Ada 136 unit yang nanti akan dibangun di atas lahan 1.200 meter persegi yang menelan biaya Rp7,8 miliar," ujar Anies dalam keterangan tertulis, Jumat (1/7/2022).

Anies berharap revitalisasi ini bisa menghadirkan wajah baru bagi warga. Ia mengatakan dalam revitalisasi permukiman warga ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Baznas Bazis DKI.

Anggaran senilai Rp7,8 miliar itu merupakan hasil kolektif yang dikumpulkan Baznas Bazis DKI Jakarta, terutama saat pengumpulan infak dan sedekah saat berlangsungnya salat Idulfitri di Jakarta International Stadium (JIS).

"Kepada Pak Anwar (Wali Kota Jakarta Timur) dan jajaran Pemkot Jakarta Timur, terima kasih telah mencari cara supaya secara ketentuan, ini semua bisa terlaksana dengan baik," kata Anies.

Anies pun berpesan kepada pihak yang mengerjakan revitalisasi ini agar bekerja tepat jadwal, tepat kualitas, dan tepat anggaran.

Ia ingin pembangunan ini mampu menghadirkan kenyamanan, ketenangan, dan kesetaraan bagi seluruh warga.

"Jadi kepada semua yang nanti akan bekerja, saya sampaikan terima kasih sebelumnya. Kerjakan tempat ini, seakan sedang membangun rumah untuk diri sendiri, seakan sedang membangun rumah untuk keluarga sendiri, kerjakan dengan sepenuh hati," ucapnya.
Pada 24 April 2022, kebakaran besar melanda Pasar Gembrong. Total luas wilayah yang terbakar mencapai 1.200 meter persegi.

Dalam peristiwa tersebut, sebanyak 450 kepala keluarga atau 1.000 jiwa di lima RT Kelurahan Cipinang Besar Utara terdampak.(CNN Indonesia)