Kemenlu RI: Putra Ridwan Kamil Belum Ditemukan

[PORTAL-ISLAM.ID]  Kabar yang menyebut putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz telah ditemukan dipastikan hoax. Kepastian itu disampaikan langsung Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI.

Sampai dengan Jumat (27/5/2022) siang atau sampai berita ini diunggah, Emmeril Khan Mumtadz atau Eril dipastikan belum ditemukan.

“Belum ditemukan,” tegas Juru Bicara Kemenlu, Teuku Faizasyah kepada JPNN, Jumat (27/5/2022).

Dia memastikan, untuk proses pencarian anak Ridwan Kamil, pihaknya bekerja sama dengan otoritas setempat.

“KBRI Bern telah berkoordinasi dengan kepolisian setempat untuk proses pencarian,” ujar dia.

Sebelumnya, bantahan Emmeril Khan Mumtadz ditemukan disampaikan adik Ridwan Kamil, Elpi Elpi Nazmuzaman, dalam konferesi pers di Gedung Sate, Bandung, Jumat (27/5/2022).

Elpi menyatakan, berdasarkan update yang diterima keluarga, hingga saat ini proses pencarian terhadap Emmeril Khan Mumtadz masih terus dilakukan.

“Berdasarkan informasi yang kami terima sampai dengan jam 11 tadi malam, disana kurang lebih jam 6 sore, (Eril) belum ditemukan,” bebernya.

Keluarga juga meminta masyarakat tidak mempercayai kabar yang belum tentu sumbernya.

Elpi menegaskan, bahwa update informasi mengenai hilangnya Elpi Nazmuzaman akan disampaikan dari pihak keluarga.

“Informasi akan diupdate dari pihak keluarga,” tandasnya.

Sementara, Kepala Bagian Materi dan Komunikasi Pimpinan Biro ADM Pimpinan Jawa Barat, Akhmad Taufiqurrachman mengatakan, KBRI di Bern sudah berkoordinasi dengan otoritas setempat.

“Polisi sudah mengerahkan tim SAR, polisi sungai, ambulans dan pemadam kebakaran untuk menyisir seluruh area potensial,” ungkap Taufiq kepada wartawan di Gedung Sate, Bandung, Jumat (27/5/2022).

Untuk pencarian selanjutnya, otoritas di Kota Bern akan melakukan pencarian dengan area yang diperluas.

“Hari ini petugas melanjutkkan pencarian dengan jangkauan lebih luas,” ungkap dia.

Disebutkan bahwa pencarian anak Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz atau Eril, akan dilakukan dari pagi sampai selesai.

“Mulai pukul 9 sampai selesai,” tandas Taufiq. 

Kronologi Kejadian'

Berita cukup mengejutkan datang dari Swiss, putra pertama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang bernama Emmeril Khan Mumtadz atau biasa dipanggil Eril mengalami musibah di Bern, Swiss pada Kamis (26/5/2022) siang hari waktu setempat.

Dalam keterangan resmi yang diwakili adik Emil, Elpi Nazmuzaman, pihaknya membenarkan kabar tersebut. Kronologisnya Eril berenang di sungai Aare, Bern bersama adik dan kawannya. 

"Saat ingin naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras yang sebelumnya sempat mendapat bantuan dari kawannya. Kejadian tersebut terjadi pada tanggal 26 Mei 2022 siang hari waktu Swiss dengan kondisi cuaca cerah," kata Elpi dalam keterangan tertulis, Jumat (27/5/2022).

Elpi melanjutkan, kondisi Eril saat ini masih dalam pencarian tim SAR dan polisi Swiss. Namun pencarian dihentikan sementara karena hari sudah mulai gelap dan rencananya akan dilanjutkan esok pagi. 

"Hingga informasi ini disampaikan, pencarian sudah berjalan 6 jam (26 Mei jam 23.00  WIB) dan kami berharap Eril dapat ditemukan segera dalam keadaan sehat," ujarnya.

Dia mengungkapkan, keluarga saat itu sedang berada di Swiss untuk mencari sekolah untuk Eril yang akan melanjutkan ke jenjang S2. 

Saat kejadian, Ridwan Kamil sedang berada di Inggris dalam kegiatan pemerintahan di luar negeri bersama delegasi dari Pemprov Jawa Barat. 

"Ridwan Kamil langsung menyusul ke Swiss setelah menerima kabar musibah tersebut dan saat ini telah bertemu dengan keluarga di sana," ucap Elpi.

"Kami mohon doa agar Eril dapat segera ditemukan dalam keadaan selamat dan baik. Dapat berkumpul kembali bersama keluarga dalam keadaan sehat wal afiat," kata Elpi.

*Sebagai info tambahan, sungai Aare, Bern dikenal sebagai "The Urban Swimming Paradise" (Surga Renang Perkotaan). Cukup jernih dan luas.

[Video - Sungai Aare Bern Swiss, Urban Swimming Switzerland]