Demokrat Sesalkan Rektor Rasis: Padahal ITK Didirikan Oleh Presiden SBY, Beliau Pasti Gak Nyangka Rektornya Akan Seperti Ini Sekarang

[PORTAL-ISLAM.ID]  Rektor Institut Teknologi Kalimantan (ITK), Prof. Budi Santosa Purwokartiko viral di media sosial. Pasalnya, lewat sebuah tulisan di akun Facebooknya, Budi Santosa menyindir wanita berjilbab sebagai manusia gurun. 

"Jadi 12 mahasiswi yang saya wawancarai, tidak satu pun menutup kepala ala manusia gurun. Otaknya benar-benar openmind," tulis Prof. Budi Santosa Purwokartiko di akun Facebooknya pada 27 April 2022. 

Pernyataan seorang akademisi tingkat tinggi, bergelar Profesor, menjabat Rektor, tapi rasis penuh kebencian seperti itu sontak menuai kecaman luas.

Bahkan politisi Partai Demokrat mengungkap bahwa Institut Teknologi Kalimantan itu didirikan oleh Pak SBY sewaktu menjadi Presiden.

"Ini Institut didirikan oleh pak SBY ketika jadi presiden. Pasti beliau nga nyangka rektornya akan seperti ini sekarang. Kodran kadrun aja isi otaknya," kata politisi Partai Demokrat Cipta Panca Laksana di akun twitternya @panca66, Sabtu (30/4/2022).

Dikutip dari laman wikipedia: Institut Teknologi Kalimantan (ITK) adalah perguruan tinggi negeri yang diresmikan pendiriannya pada tanggal 6 Oktober 2014 oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. 

Kampus ITK berada di kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia. ITK didirikan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2014 tentang Pendirian Institut Teknologi Kalimantan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 254) yang ditetapkan Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono, MA. pada tanggal 6 Oktober 2014 dan diundangkan tanggal 9 Oktober 2014.