Warna Ungu "Logo Halal Baru" Simbol Keimanan? Sejak Kapan Warna Ungu Simbol Keimanan Dalam Islam? Kok Jadi Ingat PDS, Keimanan Yang Mana Nih?

[PORTAL-ISLAM.ID]  Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan label halal baru yang berlaku secara nasional. 

Konon ada filosofi tertentu di balik desain label halal yang baru ini.

Adapun terkait filosofi desain halal yang baru ini, Kepala BPJPH Muhammad Aqil Irham menjelaskan desain ini mengadaptasi nilai-nilai keindonesiaan. Bentuk dan corak yang digunakan merupakan artefak-artefak budaya yang memiliki ciri khas yang unik berkarakter kuat dan merepresentasikan Halal Indonesia.

"Bentuk Label Halal Indonesia terdiri atas dua objek, yaitu bentuk Gunungan dan motif Surjan atau Lurik Gunungan pada wayang kulit yang berbentuk limas, lancip ke atas. Ini melambangkan kehidupan manusia," kata Kepala BPJPH Muhammad Aqil Irham dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/3/2022), dilansir detikcom.

Aqil Irham menambahkan bahwa Label Halal Indonesia menggunakan ungu sebagai warna utama label yang disebutnya merepresentasikan makna keimanan.

"Ungu adalah warna utama Label Halal Indonesia. Warna ungu merepresentasikan makna keimanan, kesatuan lahir batin, dan daya imajinasi," jelas Aqil.


SEJAK KAPAN YA, WARNA UNGU ITU SIMBOL KEIMANAN DALAM ISLAM?

BUKANNYA HARUSNYA WARNA HIJAU?

WARNA UNGU JUSTRU MENGINGATKAN DENGAN WARNA UNGU PARTAI KRISTEN PDS (PARTAI DAMAI SEJAHTERA)