MENOLAK LUPA !!! 6 TAHUN PEMBUNUHAN SIYONO

MENOLAK LUPA !!!

Astaghfirullah, 

Densus 88 menculik Siyono usai mengimami shalat di Masjid di Dusun Pogung, Desa Brengkungan, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah pada 8 Maret 2016, dengan status terduga teroris.

Saat ditangkap pria yang dikenal sebagai imam masjid itu dalam kondisi sehat. Namun, selang beberapa hari dia dipulangkan dalam kondisi tak bernyawa penuh luka dan lebam.

Penculikan Siyono diikuti penggerebekan yang dilakukan aparat kepolisian di rumah Siyono, Kamis (10/03/2018). Sejumlah polisi bersenjata laras panjang menggerudug rumah Siyono, yang kala itu digunakan sebagai kelas darurat siswa siswi TK Amanah Ummah yang tempat belajarnya tengah direnovasi. Anak-anak TK menangis histeris, walimurid pun tak bisa menyembunyikan ketakutan mereka.

Komnas HAM bersama PP Muhammadiyah dan elemen sipil lainnya melakukan autopsi untuk mengungkap penyebab kematian Siyono.

Sebulan berselang, hasil autopsi dibeberkan Komnas HAM bersama Persatuan Dokter Forensik Indonesia dalam konferensi pers yang digelar Senin (11/04/2016).

Hasil autopsi jenazah Siyono mengungkap sebagaimana pengutaraan Komisioner Komnas HAM Siane Indriani, "Terdapat patah tulang iga sebanyak 5 buah ke arah dalam dan patah tulang dada ke arah jantung. Hal inilah yang menyebabkan kematian. Hasil otopsi juga menunjukkan tidak adanya bukti-bukti perlawanan oleh almarhum.”

Tim forensik juga menemukan luka ketokan di kepala, tapi hal itu tidak menyebabkan perdarahan atau kematian.

Suratmi, istri almarhum, ketika mencari keberadaan suaminya ke Jakarta diberitahukan polisi bahwa Siyono wafat dan ia diberikan 2 (dua) amplop besar berisi uang puluhan juta, yang belakangan ia serahkan ke PP Muhammadiyah Yogyakarta untuk dikembalikan ke pihak polisi.

Suratmi menyebut di awal kepergian suaminya, anak-anaknya sempat diliputi trauma hingga muncul ketakutan ketika bertemu dengan polisi.

Tak hanya itu, stigma teroris dilekatkan kepada keluarga Suratmi di awal-awal meninggalnya Siyono. Sebagian masyarakat dengan mudah mengeluarkan tuduhan-tuduhan yang sampai saat ini tak terbukti.

#6TahunSiyono

Baca juga :