WARNA & SIMBOL, Kenapa Logo Halal Baru Warnanya Ungu? Bukan Hijau?

Oleh: Jonru Ginting

Memang warna tidak ada hubungannya dengan agama. Kamu yang Kristen boleh menyukai warna hijau. Kamu yang Muslim boleh menyukai warna ungu. Bahkan vocalis Band Ungu agamanya Islam, dan sering menyanyikan lagu religi Muslim. Sama sekali tidak masalah. 

Namun dalam konteks LOGO, kita harus berbicara tentang SIMBOL. Dalam konteks logo, warna tertentu biasanya menyimbolkan hal tertentu.

Contoh paling sederhana adalah bendera kita, Sang Saka Merah Putih. Merah menyimbolkan keberanian, putih menyimbolkan kesucian. Walau faktanya ada orang pakai baju merah tapi penakut, ya itu hal yang sangat biasa. Yang penting kita sepakat bahwa merah adalah simbol keberanian. 

Jadi walau warna tidak ada hubungannya dengan agama tertentu, tapi dalam konteks simbol, warna tertentu sangat bisa terkoneksi ke agama tertentu.

Misalnya kenapa logo NU dan Muhammadiyah berwarna hijau? Itu karena keduanya ormas Islam, dan hijau adalah simbol agama Islam. 

Makanya menjadi pertanyaan besar bagi saya: Halal adalah istilah khas Islam. Tapi kenapa kok logonya berwarna ungu, bukan hijau?