Masjid Liverpool Raih Penghargaan Bergengsi

[PORTAL-ISLAM.ID]  LIVERPOOL - Masjid Al-Rahma di Toxteth di Liverpool, Inggris, memenangkan penghargaan bergengsi 2021. Masjid tersebut diberikan penghargaan untuk kategori 'Layanan Penjangkauan Terbaik (Best Outreach Service)' dalam British Beacon Mosque Award.

"Merupakan suatu kehormatan bagi Masjid Al-Rahma, Masyarakat Muslim Liverpool, dan orang-orang Liverpool untuk menerima penghargaan bergengsi seperti itu," kata juru bicara masjid Al-Rahma kepada ECHO, Jumat (10/12/2021).

Penghargaan diberikan berdasarkan pertimbangan bagaimana mereka menjangkau komunitas dari luar pengguna normal mereka, seperti mengundang komunitas ke masjid untuk program-program atau kegiatan.

Beacon Mosque Awards dibuat untuk menyoroti peran masjid dan pusat-pusat Islam di komunitas lokal dalam berkontribusi pada tatanan sosial Inggris. Inisiatif ini mendorong lembaga-lembaga untuk mengupayakan keunggulan dalam berbagai cara termasuk penjangkauan kaum muda, praktik manajemen, tata kelola, dan pemeliharaan masjid.

Diantara penilain juri adalah kerja komunitas terkait pandemi Covid-19, Buka Puasa (Iftar) Masjid online, bantuan tuna wisma, bantuan lansia, donor darah, dan lainnya.

Bimbingan tentang permasalahan Islam, kelas anak-anak, acara olahraga, kelompok ibu dan balita, pengumpulan dana untuk badan amal dan bantuan Inggris dan banyak lainnya hanyalah beberapa kegiatan masjid di luar sholat.

Masjid umumnya juga melakukan pekerjaan penting seperti klinik vaksinasi selama pandemi dan membuka pintu mereka untuk semua komunitas dan juga menggerakkan pesan dorongan vaksinasi.

Sementara itu, sekolah dan organisasi kerap mengajukan permintaan untuk mengunjungi masjid untuk mengeksplorasi dan memahami layanan yang mereka tawarkan sebagai wawasan pendidikan dan informatif tentang kegiatan sehari-hari mereka.

Kegiatan di masjid itu disambut baik oleh pihak sekolah. Salah satu sekolah menyampaikan terima kasih mereka atas sambutan hangat yang mereka terima dari pihak masjid.

"Murid kami dibuat merasa diterima dan nyaman dalam suasana asing, yang sangat langka, dan sangat dihargai," kata salah satu sekolah.

"Murid-murid berbicara sepanjang perjalanan kembali ke sekolah tentang betapa mereka menikmati kunjungan itu, sesuatu yang sangat langka mengingat itu bukan taman dan tidak ada suguhan yang terlibat."

"Kebaikan dan kesabaran Anda dengan murid-murid kami membuat pengalaman lebih menyenangkan dan memungkinkan mereka untuk belajar lebih banyak tentang budaya dan kepercayaan lain dalam lingkungan yang santai," tambah pihak sekolah.
Masjid Al-Rahma dikelola oleh Liverpool Muslim Society, sebuah badan amal terdaftar di Liverpool, Inggris. Masjid ini didirikan pada 1953 oleh mendiang Al-Haj Ali Hizzam, di mana masjid itu beroperasi dari sebuah ruangan di rumahnya.

Pembangunan Masjid Al-Rahma dimulai pada 1965 dan aula utama selesai dibangun pada 1974, untuk melayani 3.000 penduduk Muslim pada saat itu.

Populasi Muslim di Wilayah Kota Liverpool sendiri telah tumbuh ribuan. Masjid Al-Rahma sekarang melayani lebih dari 60 kebangsaan dan bangunan tersebut mengalami banyak perluasan selama bertahun-tahun untuk menampung 2.000 lebih jamaah setiap pekan saat kegiatan sholat Jumat.(Ihram)

[Video - Al Rahma Mosque Liverpool, 11 Sep 2019]