Anak Terlantarkan Ibu, Buya Yahya: Diberi Hukuman Sebelum Meninggal

[PORTAL-ISLAM.ID]  Dalam Islam, ancaman keras menanti bagi anak yang durhaka kepada orang tuanya. Apalagi sampai membuang ibunya, orang yang mengandung dan melahirkan dirinya ke dunia.

“Kecuali durhaka kepada orang tua. Orang ini akan diberi hukuman sebelum dia di akhirat (sebelum meninggal),” kata Ustaz Buya Yahya, dikutip Fajar.co.id dari ceramahnya di kanal YouTube Al Bahjah TV.

“Walaupun ditolong oleh seribu pertolongan manusia atau raja yang menolong, tidak akan bisa. Kenapa? Karena melanggar Allah. Karena durhaka kepada orang tua harus dibalas sebelum dia ke akhirat,” sambungnya.

Anak yang durhaka ke orang tuanya, akan sengsara hidup di dunia. Bila si anak itu mendapat keluarga yang baik, lanjut Ustaz Buya, maka kelak akan mendapat musibah di dunia.

“Di dunia, tidak akan beruntung orang yang menjalani hidup dengan durhaka ke orang tua,” tegasnya.

Tidak hanya itu, seluruh pemberian orang tua berupa pernikahan, pekerjaan, hingga harta warisan, tidak akan bermanfaat dan tidak berkah di sisi Allah Subhanahu Wata’ala.

“Maka pernikahan, pekerjaan, atau tempat tinggal (warisan) yang diambilnya. Tapi kalau menyakiti orang tua, akan sengsara,” beber alumnus S1 dan S2 Universitas Al Ahgaf, Yaman ini.

Sementara anak yang telah merasakan cobaan yang sangat berat karena telah durhaka kepada orang tuanya, khususnya ibu, tidak akan bisa keluar dari masalah itu.

Itu dikarenakan, dosa kepada kedua orang tua adalah dosa yang paling besar. Ridhanya Allah adalah ridhanya orang tua. Sementara sebaliknya, murkanya orang tua juga adalah murkanya Allah.

Sebelumnya, viral seorang ibu yang dititip tiga anaknya di panti jompo. Adalah Ibu Trimah yang titip tiga anak kandungnya dari Magelang ke panti jompo di Malang. Publik pun memberikan reaksi atas tindakan itu.

Sudah lima hari, ibu Trimah berada berada di Yayasan Griya Lansia Husnul Khotimah, Malang. Dia akan menghabiskan masa tuanya di sana hingga ajal menjemput.

Hal itu berdasarkan surat pernyataan bermaterai 1000, yang dibuat oleh tiga anaknya yang menyerahkan sepenuhnya perawatan Trimah ke pihak panti hingga akhir hayatnya kelak. Alasan mereka enggan merawat Trimah karena mengaku sedang sibuk.(Ishak/fajar)

MIRIS! Viral Surat Penyataan 3 Anak Titipkan Ibunya ke Panti, Diserahkan Sampai Meninggal