Imbas Saipul Jamil, Film Nussa Batal Tayang di Televisi

[PORTAL-ISLAM.ID]  Televisi yang mengundang Saipul Jamil setelah bebas dari penjara mengundang reaksi negatif dari banyak pihak. Mereka membuat petisi untuk memboikot Saipul Jamil tampil di televisi maupun YouTube.

Bahkan, sutradara dan produser Angga Sasongko mengutarakan kekecewaannya terhadap stasiun televisi yang mengundang dan menampilkan Saipul Jamil yang baru saja bebas usai menjalani hukuman 5 tahun penjara atas kasus pelecehan seksual pencabulan dan tambahan 3 tahun karena terbukti menyuap panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Rohadi, dengan uang sebesar Rp 50 juta.

Angga Sasongko selaku CEO Visinema Group secara tegas mengumumkan bahwa kerja sama pihaknya dengan stasiun televisi telah dihentikan karena telah mengundang Saipul Jamil. 

Hal ini membuat dua film Visinema Pictures, Nussa dan Keluarga Cemara batal tayang di televisi tersebut. Menurutnya pihak stasiun televisi telah menunjukkan nilai yang tidak sejalan dengan pihaknya yaitu memberikan tayangan ramah anak.

"Menyikapi hadirnya Saiful Jamil di televisi dengan cara yang tidak menghormati korban, maka kami memberhentikan semua pembicaraan kesepakatan distribusi film Nussa dan Keluarga Cemara dengan stasiun TV terkait karena tidak berbagi nilai yang sama dengan karya kami yang ramah anak," tulis Angga Sasongko di Twitter pada Minggu, 5 September 2021.

Selain tidak sejalan dengan prinsipnya, Angga Sasongko merasa perlu untuk menunjukkan sikap tegas, menyadarkan para pihak lain agar tidak memberikan ruang kepada pelaku kekerasan seksual di media massa. 

"Pemberitahuan ini dimaksudkan untuk mendukung gerakan yang melawan dirayakannya pelaku kekerasan seksual pada anak di media - media, serta menjadi kesadaran bersama pentingnya media - media yang menghargai anak - anak kita," cuitnya.

Angga Sasongko mengungkapkan pemberhentian pembicaraan kesepakatan tersebut berlaku tidak hanya kepada stasiun televisi yang sudah menayangkan Saipul Jamil di programnya beberapa waktu lalu, tapi juga stasiun televisi lain yang nantinya melakukan tayangan serupa.

Keputusan Angga Sasongko disambut baik oleh para netizen. Mereka salut dan memberi pujian kepada Angga Sasongko. 

Seperti diketahui, penyanyi dangdut Saipul Jamil menghirup udara bebas setelah menjalani hukuman selama delapan tahun penjara di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Cipinang, Jakarta Timur, Kamis, 2 September 2021. 

Setelah bebas, Saipul langsung diundang ke berbagai acara di televisi dan YouTube.

Hal yang sangat ditentang keras berbagai pihak.