Eks Gedung Kedubes AS di Kabul Dicat Bendera Tauhid

[PORTAL-ISLAM.ID]  KABUL - Taliban telah mencat dinding di luar (eks) kedutaan AS di Kabul dengan bendera Tauhid yang merupakan bendera Imarat Islam Afghanistan.

Foto-foto itu beredar hari ini (7/9/2021) di sosial media dan bikin heboh orang-orang Amerika.

"Taliban flag goes up outside the (former) US embassy in Kabul," cuit @ianbremmer.

Ada juga yang kemudian menerangkan arti kalimat Tauhid dalam bendera Taliban itu.

"Btw the Arabic text on the Taliban flag is the Shahada, the Muslim declaration of faith and one of the 5 "pillars" of Islam.  It reads: “There is but one God and Muhammad is God’s messenger.”," tulis akun @JanowskiKris.

(Btw teks Arab pada bendera Taliban adalah Syahadat, pernyataan iman seorang Muslim dan salah satu dari 5 "rukun" Islam. Bunyinya: “Hanya ada satu Tuhan dan Muhammad adalah utusan Tuhan.”)

Seperti diketahui, Pasukan dan diplomat AS meninggalkan negara itu pekan lalu setelah eksodus yang kacau dari bandara Kabul saat gerakan Taliban merebut kekuasaan.

Taliban mengatakan bahwa AS dapat terus mempertahankan kedutaan di Kabul tetapi departemen luar negeri AS menolak.

Departemen Luar Negeri AS menolak permintaan yang dilaporkan Taliban untuk membuka kedutaan setelah pasukan AS pergi dan sebagai gantinya memindahkan operasi kedutaan AS untuk Afghanistan ke Doha, Qatar.

Pasukan terakhir AS meninggalkan Afghanistan Senin lalu (30 Agustus 2021), dengan lebih dari 100 warga AS dan ribuan warga Afghanistan yang bekerja untuk pemerintah AS masih tertahan di Afghanistan, meskipun Presiden Biden menjamin bahwa pasukan AS akan tetap ada sampai ada orang Amerika yang ingin pergi dapat melakukannya.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan Senin (6/9/2021) bahwa empat warga AS berhasil melarikan diri dari Afghanistan melalui transportasi darat dalam seminggu terakhir.

Tetapi ketidakpastian tetap ada bagi orang Amerika lainnya yang terjebak di wilayah yang dikuasai Taliban menjelang peringatan 20 tahun serangan 9/11.