Abuya KH Qurthubi Jaelani, Eks Imam FPI Banten Jadi Ketua Umum DPP Front Persaudaraan Islam (FPI Baru)

[PORTAL-ISLAM.ID]  Sejak FPI pimpinan Habib Rizieq Shihab dibubarkan dan dinyatakan dilarang di Indonesia, kini muncul lagi ormas dengan singkatan yang sama.

Jika dulunya FPI merupakan akronim dari Front Pembela Islam, maka sekarang FPI sebagai kepanjangan dari Front Persaudaraan Islam. Organisasi kemasyarakat ini secara resmi akan dideklarasikan dalam waktu dekat ini.

Ormas ini menjadi wadah baru perjuangan anggota Front Pembela Islam yang telah dibubarkan pemerintah pada akhir tahun 2020 lalu.

Baru-baru ini, tepatnya 17 Agustus 2021, FPI versi baru ini telah meluncurkan logo baru.

Peluncuran logo baru itu sebagai langkah awal bagi persiapan deklarasi yang kemungkinan akan segera dilaksanakan.

Kini mantan Imam FPI Banten, Abuya KH Qurthubi Jaelani terpilih sebagai Ketua Umum Front Persaudaraan Islam dalam musyawarah para anggota.

"Resmi [KH Qurthubi Jaelani sebagai Ketum], pemilihannya internal, melalui musyawarah para imam daerah dan penasihat," kata Tim Advokasi Front Persaudaraan Islam, Aziz Yanuar kepada CNNIndonesia.com, Selasa (7/9/2021).

Abuya KH Qurthubi Jaelani adalah Pimpinan Pondok Pesantren Al-Futuhiyyah Lebak Banten.

Sementara itu, eks Ketua Umum FPI Ahmad Shabri Lubis menjabat sebagai penasihat Front Persaudaraan Islam. Sementara, Ali Alatas menjabat sebagai Sekretaris Umum.

"[Habib Rizieq Shihab] tak ada [jabatan]," ujar Aziz Yanuar.

Terpilihnya Abuya KH Qurthubi Jaelani sebagai Ketum FPI Baru mendapat ucapan selamat dari cabang-cabang FPI yang sudah berdiri di berbagai wilayah Indonesia.