Ketampol sampe Australia! Balas Jokowi, Aktivis Australia: Aku aktif kritik malah dideportasi dan dicekal

Jokowi: Masyarakat Harus Aktif Sampaikan Kritik dan Masukan

Presiden Joko Widodo meminta masyarakat lebih aktif menyampaikan kritik terhadap kinerja pemerintah. Ia pun meminta pemerintah meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Jokowi ingin pelayanan publik semakin baik di masa mendatang. Dia berharap seluruh pihak ikut ambil bagian dalam mewujudkannya.

"Masyarakat harus lebih aktif menyampaikan kritik, masukan, atau potensi maladministrasi, dan pelayanan publik harus terus meningkatkan upaya perbaikan-perbaikan," kata Jokowi saat berpidato di Peluncuran Laporan Tahunan Ombudsman RI Tahun 2020, Senin (8/2/2021).

Ditampol Sampe Australia

Pernyataan Jokowi yang mengajak masyarakat aktif menyampaikan kritik dan masukan, tidak hanya mendapat reaksi negatif dari publik tanah air... bahkan hinga sampai Australia.

Kate Walton, seorang aktivis dan penulis asal Australia yang lama tinggal di Jakarta menyampaikan dirinya menjadi korban dideportasi dan dicekal masuk ke Indonesia karena aktif memberikan kritik dan masukan ke rezim Jokowi.

"Aku aktif sampaikan kritik dan masukan, kok malah dideportasi dan dicekal," ujar Kate Walton di akun twitternya @waltonkate, Senin (8/2/2021).

Sontak pengakuan Kate Walton ini menambah heboh netizen tanah air.

Ada yang menyampaikan Kate Walton mendapat perlakuan seperti itu karena mendukung Anies Baswedan.

Kate Walton memang tak ragu memuji kepemimpinan Anies Baswedan.