Rumor: Arab Saudi Tertarik Membeli Drone Tempur Turki Bayraktar TB 2

Rumor:

"Saudi Arabia yang pusing menghadapi gerilya Houthi di Yaman di kabarkan tertarik membeli Drone Turki Bayraktar TB 2." (Twitter Gundem Ortadogu)

LOL 😂, jika terjadi maka para pendukung Fanatik FP Saudinesia bakal menjilat ludah mereka sendiri yang jatuh ke tanah karena mereka selama ini memfitnah Bayraktar TB 2 sebagai hasil teknologi Israel meskipun kenyataannya tidak. Bagaimana mereka menerima kenyataan jika Saudi benar-benar membeli Bayraktar TB 2. Kita lihat saja 🙂.

Saudi Arabia sendiri sudah mempunyai 40 Drone Turki Vestel Karayel. 

Kesalahan Strategi Saudi-UEA di Yaman

Kondisi alam Yaman yang bergunung-gunung adalah tempat yang sangat ideal untuk perang gerilya layaknya Afghanistan. Meskipun Koalisi Arab pimpinan UEA-Saudi mempunyai peralatan militer modern namun cara berperang mereka standar. Mengerahkan konvoi kendaraan militer sepanjang jalan, membayar milisi lokal, membangun pos-pos pengamatan kecil di gunung. Mengerahkan jet tempur membom semua tempat yang dicurigai. Hal ini sudah ketinggalan zaman. Terbukti dari Operasi penumpasan milisi Houthi yang berlarut larut bahkan cenderung gagal karena Koalisi Arab meminta gencatan senjata dengan mediasi Barat sekarang.

Drone sendiri tidak menjamin kemenangan tanpa dukungan operasi darat dan intelejen serta usaha Politik. Kekurangan Saudi cs bisa dikatakan sebagai berikut: 

1. Kurangnya Operasi penyekatan Komando gunung karena kurangnya pasukan komando gunung dan pelatihannya.

2. Kurangnya intelejen lapangan yang bagus.

3. Kurangnya dukungan lintas udara (pengedropan komando dengan helikopter, selama ini hanya mengandalkan kendaraan lapis baja).

4. Kurangnya Diplomasi Politik, misalnya Saudi-Iran (sebagai pendukung Houthi) untuk menyelesaikan krisis Perang Yaman. Mengurangi dukungan militer Iran kepada Houthi. Kebijakan militer saja terbukti gagal.

Peralatan Militer Udara Koalisi Arab (Saudi+UEA) yang jatuh di Yaman:
11 AH-64 Apache
2 Blackhawks
1 Eurofighter Typhoon
2 F-15S Strike Eagle
3 F-16
1 Mirage-2000
2 Panavia Tornado
4 Drone China WingLoong
5 CH-A/B
1 MQ-1 Predator
1 Drone Turki Vestel Karayel

US loses...
1 V-22 Osprey
1 Blackhawk
4 MQ-9 Reaper
[Fp Sahabat Erdogan]