Fahri ke Menag: Pak Menteri, Urusi Kementerianmu Yang Korup, Jangan Urusi Pakaian


Pak Menteri yth,
Tugas prioritasmu memperbaiki lembaga yang dikenal masih buruk kinerjanya dan korup. Negara tidak menugaskanmu untuk mengurus cara orang pakai baju. Baju itu pilihan privat. Evolusi cara orang berpakaian itu komplek. Dan negara gak usah ikut campur.

Kalau menteri mau perbaiki cara berpikir dan bertindak masyarakat, kuatkan tulang punggungnya dengan pendidikan dan ekonomi yang baik. Begitu pendidikan kita tinggi dan pendapatan perkapita kita membaik orang menjadi semakin rasional dan beradab. Ada penyesuaian.

Abjad menyelesaikan masalah itu selalu mulai dari diri sendiri. Kalau kementerian yang bapak pimpin kotor dan kelihatan berantakan mana bisa orang hormat dengan omongan kementerian bapak. Tapi kalau pemerintah nampak disiplin rakyat akan ikut disiplin. Coba dulu deh pak.

Susah ya,
Kasian aja sih. Harusnya amanah menteri itu dipakai untuk menata pikiran dan perasaan keberagamaan seluruh bangsa. Ini malah belum sebulan sudah bikin kacau pikiran dan perasaan. Abjad kerja yang kacau gak akan hasilkan apa-apa kecuali kekacauan itu sendiri. Gitu pak!

(Twitter @Fahrihamzah, Jumat 01-11-2019)
loading...
Loading...