Bupati Bogor Surati Anies Minta Bantu Bersihkan Sampah di Kalibaru


[PORTAL-ISLAM.ID] Wah! Anies memang gak cocok jadi Gubernur DKI... cocoknya jadi Presiden RI yang mengurusi seluruh wilayah NKRI :)

Insya Allah Maju Negaranya, Bahagia Rakyatnya 😍

Bupati Bogor Surati Anies Minta Bantu Bersihkan Sampah di Kalibaru

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta siap membantu Kabupaten Bogor untuk membersihkan tumpukan sampah di perairan Kalibaru, Cibinong, Kabupaten Bogor. Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan surat permohonan bantuan ke Pemprov Jakarta akan dikirim.

"Iya, saya sudah perintahkan Pak Sekda untuk mengurusi hal itu. Untuk membuat proposal dan surat," kata Ade Yasin di Kantor Bupati Bogor, Komplek Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin (7/10/2019).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya mengatakan siap membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor untuk mengatasi tumpukan sampah di perairan Kalibaru, Jalan Raya Jakarta-Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, tepatnya di seberang Hotel Taman Cibinong II. Anies mengungkapkan, bantuan akan diberikan bila Pemkab Bogor sudah mengirim surat secara resmi.

"Tapi kalau Bogor minta dibantu, kabari ke kita. Resmi. Nanti kita bisa eksekusi. Siap bantu," ucap Anies di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (19/9) lalu.

Anies menjelaskan, kewenangan mengurusi sungai ada di Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC). Jadi Pemprov DKI pun harus meminta izin kepada BBWSCC untuk membersihkan sungai.

"Jakarta tentu bisa membantu kalau ada permintaan dan kita harus minta izin juga kepada yang punya kewenangan sungai karena kalau kita melakukan pembersihan pun, sebetulnya kita minta izin kepada BBWSCC. Karena sungai adalah di bawah kewenangan Kementerian PUPR," kata Anies.

Sebelumnya, Bupati Bogor Ade Yasin ingin agar Pemprov DKI Jakarta ikut peduli membantu mengatasi sampah di Kalibaru. Alasannya, air Sungai Kalibaru mengalir ke Jakarta.

"Persoalan Kalibaru ini kan mengalirnya ke Jakarta ya. Saya juga minta kepedulian dari Pemprov Jakarta untuk mengatasi masalah sampah di ini," kata Ade Yasin di gedung Sekretariat Daerah Kompleks Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (10/9/2019).

Dia menjelaskan Pemkab Bogor mengalami kendala dalam mengatasi sampah. Kendala itu, kata Ade, adalah keterbatasan alat dan sumber daya manusia (SDM). [detik]

Baca juga :