PKS Tolak Usul Demokrat: Kami Istiqomah dengan Koalisi Prabowo


[PORTAL-ISLAM.ID]  Wasekjen Demokrat Rachland Nashidik mengusulkan agar koalisi Jokowi serta Prabowo di Pilpres 2019 dibubarkan. Usulan ini ditolak oleh salah satu partai yang mengusung Prabowo-Sandi di Pilpres 2019, PKS.

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menilai, pembubaran koalisi justru hanya memberikan dampak negatif dan kurang bijak. Salah satunya, menyulitkan pengambilan keputusan politik. Menurut dia, koalisi harus tetap ada karena bisa menjadi pembelajaran bagi seluruh parpol.

"Pembubaran koalisi justru menyulitkan pengambilan keputusan politik. Biarkan ini jadi pembelajaran bersama dengan syarat semua mengedepankan akhlak politik yang dewasa," kata Mardani dalam keterangannya, Minggu (9/6).

Mengenai sikap PKS, Mardani memastikan akan terus bersama Koalisi Adil Makmur yang mengusung Prabowo-Sandi di Pilpres 2019.

"PKS insyaallah istiqomah bersama Koalisi Adil Makmur," tutur dia.

Lebih lanjut, Mardani menilai keberadaan koalisi juga penting untuk menjaga kualitas kompetisi dalam demokrasi. Kualitas kepemimpinan dalam memimpin sangat penting dalam menentukan kualitas demokrasi.

Ia mencontohkan bagaimana capres Amerika Serikat John McCain di Pilpres 2008 yang mengoreksi pernyataan pendukungnya yang saat itu mengkritik lawannya di Pilpres Barrack Obama.

"Ingat saat Capres McCain mengoreksi pernyataan seorang pendukungnya yang mencap lawannya Capres Barrack Obama sebagai bukan orang Amerika, sikap McCain jelas: Obama orang Amerika yang baik dan kompetitor saya dalam mencintai Amerika," jelas Mardani.

Dari sinilah, kata Mardani, Indonesia bisa belajar menghormati kompetitor, bukannya mengusulkan adanya  pembubaran koalisi.

"Kita bisa bersaing dan tetap saling menghormati kompetitor," tutur dia. [kumparan]
Baca juga :