Bos Mayapada Sri Tahir (Ang Tjoen Ming), Warga Kehormatan Brimob, Penasihat Panglima TNI Moeldoko


[PORTAL-ISLAM.ID] Korps Brigade Mobil ( Brimob) Kepolisian RI menganugerahkan Warga Kehormatan Brimob kepada bos Mayapada Group Dato Sri Tahir (Ang Tjoen Ming) dan 9 Pati Polri di Lapangan Markas Korps Brimob Polri Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Senin (12/11/2018).

Dikutip dari Kompas, pemberian anugerah ini berdasarkan keputusan Komandan Korps Brimob nomor Kep 147 XI 2018 tanggal 5 November 2018 tentang pemberian penganugerahan warga kehormatan korps Brimob Polri.

Komandan Korps Brimob Irjen (Pol) Rudy Sufahriyadi selaku inspektur upacara langsung menyerahkan penghargaan warga kehormatan Brimob.

Dalam amanatnya, Rudy menjelaskan, penganugerahan warga kehormatan Korps Brimob bertujuan untuk mendorong jiwa korsa antar warga korps Brimob dengan masyarakat agar semakin kokoh dan solid ke depannya.

“Penganugerahan warga kehormatan korps Brimob Polri adalah sebagai suatu wujud tertinggi yang diberikan korps Brimob Polri kepada personel Polri atau pejabat Polri di luar Brimob, dan warga masyarakat yang memiliki kontribusi kepada korps Brimob Polri,” kata Rudy.

Kontribusi yang dimaksud adalah perhatian, partisipasi serta sumbangsih pemikiran dalam usaha-usaha pengembangan korps Brimob Polri ke arah yang lebih baik melalui tindakan nyata.

Sementara itu, Dato Sri Tahir, yang mewakili penerima warga kehormatan, mengucapkan terima kasih atas anugerah yang diberikan.

“Lima puluh tahun yang lalu saya main sama anak Menpo (Resimen Pelapor) persis saya berumur 16 tahun, 50 tahun kemudian saya dapat anugerah sebagai warga kehormatan Brimob saya kira itu perasaan yang susah saya ucapkan pada saat ini,” kata Tahir.

Tahir mengatakan, dengan menyandang warga kehormatan Brimob ini, ia memiliki tanggung jawab yang besar.

“Ada tanggung jawab yang lebih besar yang ditempatkan di pundak saya. Saya harus banyak lebih mengabdi kepada masyarakat,” kata Tahir.

Setelah prosesi upacara penganugerahan warga kehormatan, penerima warga kehormatan itu diangkat oleh sejumlah personel Brimob dan diarak keliling pasukan.

Dikutip dari wikipedia, Dato’ Sri Tahir nama aslinya Ang Tjoen Ming. Pengusaha keturunan Tionghoa ini adalah pendiri Mayapada Group, sebuah holding company yang memiliki beberapa unit usaha di Indonesia. Unit usahanya meliputi perbankan, media cetak dan TV berbayar, properti, rumah sakit dan rantai toko bebas pajak/duty free shopping (DFS). Ia menjadi dikenal karena mampu menjadi orang terkaya keduabelas di Indonesia.

Penasihat Panglima TNI Moeldoko

Sebelumnya, pada September 2014, Dato Sri Tahir (Ang Tjoen Ming) diangkat oleh Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko sebagai penasihatnya. Konglomerat dan bos Bank Mayapada itu ditugaskan membantu mengurusi kesejahteraan prajurit TNI.

Upacara pengangkatan Tahir sebagai Penasehat Panglima TNI Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Prajurit itu dilakukan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (18/9/2014) pagi. Moeldoko dan para petinggi TNI hadir di lokasi.

"Saya mengucapkan selamat kepada Dato' Sri Prof. Dr. Tahir MBA atas pengangkatannya selaku Penasihat Panglima TNI Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Prajurit," kata Moeldoko dalam pidatonya, seperti dilansir detikcom.

Hubungan Dato Sri Tahir dengan Jokowi?

Sri Tahir pernah memberi sumbangan 10 unit armada bus Transjakarta ditambah uang Rp 6 miliar yang saat itu diterima langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Dikutip dari Liputan6.

Hubungan Sri Tahir dengan James Riyadi?

Istri Sri Tahir adalah Rosy Riady yang merupakan putri sulung Founder Lippo Group, Mochtar Riady. James Riyadi adalah saudara kandung Rosy Riady.