Yang Ngributin Shoff Sholat Campur Laki Perempuan Saat Kampanye 02 GBK, Kok Gak Ribut Waktu Harlah Muslimat NU?


[PORTAL-ISLAM.ID]  Majelis Ulama Indonesia (MUI) menilai salat para jemaah di kampanye akbar Prabowo-Sandiaga di GBK tetaplah sah, meski ada sebagian saf laki-laki dan perempuan bercampur. Demikian disampaikan Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Ni'am Soleh, seperti dilansir detikcom.

Hal ini sesuai dengan jawaban Mufti Arab Saudi Syaikh bin Baz saat ditanyakan soal shaff campur karena kondisi berdesakan.

حكم صلاة المرأة وسط صف الرجال بسبب الزحام

HUKUM SHALATNYA SEORANG WANITA DITENGAH-TENGAH SHAF SHALAT LAKI-LAKI DENGAN SEBAB PADATNYA JAMAAH

الجواب:
الصلاة صحيحة والحمد لله وهذا يقع كثيراً في المسجد الحرام، والمسجد النبوي عند زحمة الناس وقت الحج، يختلط الرجال بالنساء، فالصلاة صحيحة، ولكن يجب على النساء أن يتأخرن عن الرجال، وليس لهن أن يتقدمن بين الرجال، أو أمام الرجال لكن إذا وقع ذلك بسبب الزحام، فالصلاة صحيحة، ولا يضر ذلك، والحمد لله...

JAWAB :
Shalatnya sah dan alhamdulillah hal inilah yang banyak terjadi di Masjid Al-Haram, dan Masjid Nabawi ketika berdesak-desakannya manusia pada waktu haji, dimana para lelaki bercampur dengan para wanita, maka kondisi ini shalatnya sah, akan tetapi wajib atas wanita tidak lebih maju dari pada laki-laki, namun jika itu dengan sebab padatnya manusia maka shalatnya sah, dan tidak ada kerusakan atas hal tersebut, Alhamdulillah.

Link: https://binbaz.org.sa/old/30184

KENAPA BARU RIBUT SAAT KAMPANYE PRABOWO?

Padahal kejadian serupa terjadi saat HARLAH MUSLIMAT NU KE 73 pada 27 Januari 2019 di GBK.

Silakan tonton videonya (mulai menit 14): https://www.youtube.com/watch?v=l17JHrzpmoI

Sebelumnya salah satu pentolan JIL yang kini jadi caleg PSI, Guntur Romli nyinyiri jamaah shalat di GBK yang shofnya campur laki-perempuan.

"Di Masjidil Haram saja shaff laki dan perempuan dipisah, kecuali saat thawaf yg campur. Kalau shalat, mutlak dipisah," kata Guntur Romli di akun twitternya.

Kicauan nyinyir sok tau ini langsung ditanggapi salah seorang alumni Al-Azhar Mesir, Hasmi Bakhtiar.

‏"Hi kak romlah, kalau nanti ada duit coba lw ke masjidil Haram atau Nabawi dalam situasi sesak, biasa saja ada cewek shalat di shaff cowok. Jumhur ulama membolehkan dalam shalat Fardhu dan makruh dalam shalat sunnah. Jangan dibiasain pamer kebodohan di ruang publik, kak romlah," balas Hasmi Bakhtiar.
Loading...