Ini Penampakan Rumah DP Rp 0 yang Ditawarkan Gubernur Anies Baswedan

Petugas memperlihatkan rumah percontohan untuk warga yang tertarik program Rumah DP Rp 0 di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Jum'at (12/10). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Program Rumah DP Rp 0 di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, sudah diluncurkan hari Jumat kemarin. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut hunian tersebut sebagai janji kampanye yang sudah ditunaikan.

"Alhamdulillah, hari ini Program DP 0 Rupiah resmi diluncurkan. Program Solusi Rumah Warga yang kami namai SAMAWA. Semoga menjadi hunian yang menumbuhkan suasana bahagia, damai, dan cinta kasih bagi keluarga yang menghuninya. Satu demi satu JANJI ditunaikan...," ujar Anies Baswedan, Jumat (12/10/2018).

Gubernur yang diusung Gerindra-PKS-PAN itu menjelaskan adanya program hunian Rumah DP Rp 0 akan membantu warga yang belum punya tempat tinggal berhak milik. Tercatat, kata Anies, 51,7 persen warga DKI tak memiliki rumah tinggal dengan hak milik.

"Kami fasilitasi sekali lagi ini untuk menjawab 51,7% warga Jakarta yang tak memiliki rumah tinggal milik. Dengan program ini, insyaallah mereka bisa memiliki rumah satu per satu," paparnya.

Bagaimana penampakan hunian DP 0?

Dilansir CNBCIndonesia, Petugas memperlihatkan rumah percontohan untuk warga yang tertarik program Rumah DP Rp 0 di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Jum'at (12/10).

Program ini hanya diperuntukkan bagi warga ber-KTP DKI yang telah tinggal di Jakarta sekurang-kurangnya 5 tahun. Selain itu, penerima manfaat juga harus berpenghasilan Rp 4-7 juta setiap bulan.

Bagi warga yang ingin tertarik, pendaftaran baru resmi dimulai pada tanggal 1 November 2018. Untuk tahap awal hunian Klapa Village terdapat di Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Hunian vertikal ini dibangun di atas lahan seluas ± 5.686 meter persegi, dengan 780 unit hunian. Bangunan terdiri dari beberapa tipe, salah satunya adalah tipe 21 yang menjadi tipe paling murah untuk hunian ini, dengan kisaran harga Rp 182 juta - Rp 210 juta.

Ini foto-foto penampakannya seperti dilansir CNBCIndonesia:




[video]