Baru Diresmikan Jokowi LRT Palembang Sudah 3X Mogok, Ternyata Mesin LRT Diimpor dari CHINA


[PORTAL-ISLAM.ID] Belum satu bulan setelah resmi beroperasi, moda transportasi Light Rail Transit ( LRT) Palembang, Sumatera Selatan, alami mogok tiga kali ditengah jalan.

Terbaru pada Minggu sore (12/8/2018) kereta LRT ini kembali mogok di tengah perjalanan.

Akibat kejadian ini penumpang terjebak sampai satu jam terkunci.

Hal ini membuat penumpang ngamuk dan menyalahkan pemerintah.

"Kami satu jam terjebak didalam terkunci gak bisa keluar, panas, ada penumpang yang pingsan. Hati-hati ya Pemerintah buat LRT!" kata ibu-ibu seorang penumpang.

Para penumpang pun akhirnya berjalan di atas rel kereta.

***

Mesin LRT Palembang Ternyata Diimpor dari China

PT Industri Kereta Api (Persero) (INKA) merampungkan proyek pengadaan 8 trainset (rangkaian kereta) Light Rail Transit (LRT) Palembang milik PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT). Proyek ini bernilai Rp 388 miliar.

Manager Perencanaan dan Pemasaran Pasar Transportasi Perkotaan INKA Sigit Sugiarto mengatakan, sebanyak 60% komponen LRT Palembang masih diimpor dari berbagai negara seperti China. Hanya sekitar 40% komponen LRT yang menggunakan bahan lokal.

"Kita total yang menggunakan bahan lokal itu ada sekitar 40% seperti AC. Selebihnya masih impor," katanya saat ditemui di Pabrik INKA di Madiun, Jawa Timur, Senin (7/5).

Sedangkan bagian LRT yang masih diimpor adalah sistem propulsi (propulsion system) seperti alat kontrol, pengereman, dan roda. Untuk komponen pengereman, semua bahan didatangkan dari Eropa. Sementara itu untuk car body sekaligus mesin LRT diimpor langsung dari China. Mesin yang digunakan untuk mengekstrusi car body berbahan aluminium sangat kecil.

"Berbeda dengan mesin China. Mesin China itu lebih besar dibanding mesin buatan kita. Karena itu, kita masih impor. Sebenarnya kalau masalah mampu kita mampu. Hanya saja, masih ada beberapa keterbatasan," paparnya.

Link: https://kumparan.com/@kumparanbisnis/mesin-lrt-palembang-produksi-inka-diimpor-dari-china

[video: LRT Palembang Mogok di Tengah Jalan]


Baca juga :