Astaghfirullah! Menlu Saudi: Qatar Harus Mengakhiri Dukungan Untuk HAMAS dan IKHWANUL MUSLIMIN


[PORTAL-ISLAM.ID] Menteri luar negeri Arab Saudi mengatakan pada hari Selasa (6/6/2017) bahwa Qatar harus mengambil beberapa langkah, termasuk mengakhiri dukungannya untuk kelompok Palestina Hamas dan Ikhwanul Muslimin, untuk memulihkan hubungan dengan negara-negara Arab lainnya.

Menteri Adel Al-Jubeir mengatakan Qatar tahu persis apa yang harus dilakukan untuk memulihkan hubungan dengan Riyadh dan sekutu Arabnya.

"Kami ingin Qatar menerapkan janji yang dibuatnya beberapa tahun yang lalu sehubungan dengan dukungan kelompok 'ekstremis', berkaitan dengan media yang tidak bersahabat dan campur tangan dalam urusan negara lain," kata Jubeir kepada wartawan di Paris, di sela-sela kunjungannya ke Prancis.

"Tidak ada yang mau menyakiti Qatar. Ia harus memilih apakah harus bergerak dalam satu arah atau arah yang lain."

Arab Saudi, UEA, Mesir dan Bahrain mengatakan pada hari Senin bahwa mereka akan memutuskan semua hubungan dengan Qatar, menuduhnya mendukung terorisme.

"Kami mengambil langkah ini dengan rasa sakit yang besar, sehingga harus dipahami bahwa kebijakan ini tidak berkelanjutan dan harus berubah," kata Jubeir.

Jubeir menambahkan bahwa Qatar meruntuhkan Otoritas Palestina dan Mesir dalam mendukung Hamas dan Ikhwanul Muslimin.

"Kami tidak berpikir ini bagus. Qatar harus menghentikan kebijakan ini sehingga bisa memberi kontribusi pada stabilitas di Timur Tengah," katanya.

Jubeir menolak untuk mengatakan dengan tepat apa yang dia ingin Qatar lakukan segera, namun mengatakan tindakan yang diambil oleh negara-negara Arab, termasuk blokade laut, darat dan udara akan berdampak cukup besar untuk negara ini.

"Kami percaya bahwa akal sehat dan logika akan meyakinkan Qatar untuk mengambil langkah yang benar. Keputusan yang dibuat sangat kuat dan akan berdampak cukup besar di Qatar dan kami tidak percaya bahwa warga Qatar ingin menanggung dampak tersebut," katanya.

Kampanye untuk mengisolasi Qatar telah mengganggu perdagangan komoditas dari minyak mentah ke logam dan makanan, dan memperdalam kekhawatiran akan kemungkinan guncangan pasar gas global, di mana negara Teluk merupakan pemain utama.

Jubeir juga mengecam pertemuan terakhir Qatar dengan Iran - mengatakan bahwa negara-negara yang berurusan dengan Teheran "telah berurusan dengan ancaman mereka sendiri."

Ketika ditanya apakah mungkin ada tindakan militer jika Doha tidak mengubah arah, Jubeir mengatakan: "Saya harap tidak."

Sumber berita:
Arab News
Al-Jazeera
Reuters

***

Astaghfirullah.... kenapa Saudi jadi begini?

Akan fatal akibatnya kalau sampai Qatar memutus hubungan dengan Hamas.

Qatar crisis could damage Gaza reconstruction, NGO warns
http://www.timesofisrael.com/qatar-crisis-could-damage-gaza-reconstruction-ngo-warns/

Gazans worried by Qatari crisis
http://www.aljazeera.com/news/2017/06/gazans-worried-qatari-crisis-170606185513429.html

FORMER ISRAELI EMISSARY TO QATAR: HAMAS WOULDN'T SURVIVE IN GAZA WITHOUT DOHA
http://www.jpost.com/Arab-Israeli-Conflict/Past-Israeli-emissary-to-Qatar-Hamas-wouldnt-survive-without-Doha-494889


Baca juga :