Bung Karno Jadi Inspirasi Anis Matta


BENGKULU -- Presiden RI pertama Soekarno menjadi inspirasi Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta selama ini. Anis mengatakan, apapun latar belakang Soekarno, pada akhirnya harus diakui sosok yang dikenal sebagai Bung Karno itu merupakan panutan bangsa Indonesia.

Hal itu Anis sampaikan ketika berkunjung ke rumah pengasingan Bung Karno saat dibuang penjajah ke Bengkulu. "Bung Karno kan bukan milik satu partai saja, beliau merupakan milik bangsa ini," kata dia Selasa (1/4).

Anis mengatakan, setiap ia berkunjung ke daerah, rumah Soekarno kerap menjadi destinasinya untuk didatangi. Menurutnya, sulit untuk tidak menjadikan Bung Karno sebagai panutan dalam hal kepemimpinan.

"Saya kalau ke daerah, mengenal sejarah lebih baik. Rumah Bung Karno masuk dalam agenda kunjungan saya," ujarnya.

Anis mengungkapkan, buku pertama yang ia lahapun merupakan buku bernuansa perjuangan Soekarno. Buku berjudul 'Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat' menjadi buku pertama yang ia baca seluruh halamannya saat duduk di kelas 3 SMP.

"Saya ikuti jejaknya. Bukan hanya saya, kita semua berhutang budi kepadanya sehingga pantas dijadikan teladan," ujar dia.

Kunjungan Anis ke Bengkulu menjadi bagian dari perjalanan kampanye PKS di wilayah ini. Anis sengaja mengunjungi Bengkulu untuk mengamankan suara PKS di Bengkulu karena persaingan partai di sini cukup ketat. (ROL)


Loading...