Khilafah Islam Itu Melindungi dan Mengasihi Non-Muslim


[PORTAL-ISLAM.ID] Khalifah Umar bin Khattab RA dikenal sebagai pemimpin agung umat Islam sepeninggal Rasulullah Muhammad SAW. Jasa Umar kepada Islam sangatlah besar.

Lewat tangannya, Umar membentuk struktur pemerintahan modern dan membuat pengaruh Islam meluas. Bahkan, di bawah kepemimpinan Umar, umat Islam berhasil meruntuhkan dominasi dinasti-dinasti yang menguasai negeri-negeri legenda, terutama Persia dan Byzantium.

Meski begitu, Umar dikenal sebagai sosok pemimpin yang sangat tawadhu' (rendah hati) dan menyukai hidup secara sangat-sangat sedehana. Bahkan Umar mendermakan upahnya sebagai khalifah untuk sepenuhnya kesejahteraan umat.

Banyak kisah menyentuh ditorehkan oleh Umar. Salah satunya ketika Umar bertemu dengan seorang pengemis non-Muslim.

Kisah ini terabadikan dalam Kitab Al Kharaj karya Imam Abu Yusuf Ya'qud bin Ibrahim Al Anshari.

Suatu hari, Khalifah Umar melintasi pintu rumah suatu kaum. Ia menjumpai pengemis tua dengan penglihatan telah terganggu.

Khalifah Umar menghampirinya, menepuk punggungnya dengan pelan, lalu bertanya, "Tuan dari ahli kitab golongan manakah?"

Pengemis itu menjawab, "Yahudi".

Khalifah Umar kembali bertanya, "Apa yang memaksa Tuan melakukan apa yang aku lihat ini?"

"Aku meminta-minta agar dapat membayar jizyah, memenuhi kebutuhan hidup, dan karena usia tua," kata pengemis itu.

Khalifah Umar seketika tersentak "Demi Allah, kita tidak berlaku adil karena kita telah memakan jerih payah masa mudanya (membayar jizyah), kemudian kita mengabaikannya ketika dia telah mencapai usia tua."

Khalifah Umar lalu memegang lengan pengemis itu. Kemudian membawa orang tua tersebut ke rumahnya, lalu memberikan sesuatu.

Beberapa saat kemudian, Khalifah Umar membawa orang tua itu ke Baitul Maal. Kepada petugas Baitul Maal, Khalifah Umar berkata, "Uruslah orang ini dan orang-orang sepertinya."

Masya Allah... begitulah Khilafah Islam dan para pemimpinnya menegakkan agama dan menjalankan kekuasaan.

Saat ini fitnah dahsyat luar biasa menempa istilah "Khilafah". Khilafah langsung dikaitkan dengan ISIS yang suka membunuh, membom siapapun diluar mereka. Khilafah dikaitkan dengan Terorisme.

Inilah fitnah akhir zaman.

[video]
Baca juga :