Ke Afganistan, Putra Amien Rais: Jokowi Berharap Panen Simpati Umat Islam untuk 2019


[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) mengapresiasi kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke Afganistan.

Kendati demikian, ada sedikit dugaan kunjungan Jokowi Afganistan tak lepas dari kepentingan politik domestik menjelang Pemilu Presiden 2019.

“Kita memahami, ke Bangladesh berbicara Rohingya, di Afganistan membawa misi diplomasi kemanusiaan berkaitan dengan konflik yang berlanjut di sana. Saya kira memberikan perhatian yang konkret, pesan Indonesia ke Afganistan bahwa kita ini berdiri dengan nasib yang sedang dialami oleh warga Afganistan,” kata Waketum PAN Hanafi Rais di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (29/1/2018).

Menurut Hanafi, kunjungan Presiden ke negara-negara Islam bisa saja untuk menarik simpati umat Islam di Indonesia sebagai modal Jokowi pada 2019 mendatang.

“Memang saya kira langkah Presiden ini tak lepas dari kebutuhan domestik di Indonesia sendiri, di mana simpati umat Islam jadi perhatian Presiden. Saya kira Presiden cukup cerdik di negara-negara Islam di Asia Selatan ini. Mungkin diharapkan simpati umat Islam ini bisa dipanen untuk 2019 dengan mengunjungi negara Islam di Asia Selatan, tapi itu persoalan lain,” kata putra sulung politikus senior Amien Rais itu.

Lebih lanjut, Hanafi berharap, selain membawa misi kemanusiaan, Jokowi juga bisa membawa misi strategis di negara-negara Islam.

“Tapi sebenarnya penting bagi saya Presiden mestinya ke Asia Selatan membawa misi yang lebih strategis karena Asia Selatan itu menghadapi situasi geopolitik merasa terlalu didominasi pengaruh India sehingga mereka terlalu banyak kerja sama dengan China,” paparnya.

Sumber: Jurnal Politik