Tulisan 'Allah' dan 'Ali' Ditemukan di Kuburan Viking Swedia


[PORTAL-ISLAM.ID] Kostum sutra di pemakaman era Viking yang bertuliskan nama "Allah" dan "Ali" ditemukan oleh peneliti Swedia minggu lalu, menimbulkan pertanyaan tentang hubungan antara peradaban Muslim dan Skandinavia.

Peneliti arkeologi dari Universitas Uppsala Swedia (universitas tertua di Skandinavia yang berdiri sejak tahun 1477) menemukan kostum sutra dengan naskah Kufi bertuliskan 'Allah' dan 'Ali' saat penggalian di kuburan Viking yang terletak di kota Birka Swedia. (*Kufi ialah bentuk khat skrip bahasa Arab yang tertua.)

Muslim menggunakan kata "Allah" untuk Tuhan, sedangkan Ali adalah nama Khalifah keempat yang merupakan sepupu dan menantu Nabi Muhammad SAW.

"Viking bisa saja dipengaruhi oleh Islam dan gagasan tentang kehidupan kekal di surga setelah kematian," Annika Larsson, seorang peneliti arkeologi tekstil di Universitas Uppsala, mengatakan kepada kantor berita Turki Anadolu Agency, Jumat (6/102017).

"Di dalam Al-Quran, tertulis bahwa penghuni surga akan mengenakan pakaian sutra, dan teks yang tertera tersebut dapat menjelaskan kemunculan sutra di kuburan zaman Viking," kata peneliti tersebut dalam sebuah pernyataan sebelumnya.

Tulisan Kufi yang serupa juga ditemukan di mosaik di monumen pemakaman dan mausoleum, terutama di Asia Tengah, kata universitas tersebut dalam sebuah pernyataan.

("Allah" written in Kufic-script Arabic - AA Photo)

Pada tahun 2015, periset Swedia di Universitas Stockholm juga menemukan sebuah cincin abad kesembilan di sebuah kuburan Viking dengan sebuah prasasti yang bertuliskan "untuk Allah" atau "kepada Allah".

Setelah penemuan cincin tersebut, para periset menyimpulkan bahwa ada interaksi antara orang-orang Viking dan peradaban Muslim dan nenek moyang mereka membawa barang-barang Muslim ke rumah mereka.

Sumber: Daily Sabah