Paling suka baca ceritanya brad pit kw ini, selain berlimpah hikmah juga bikin sehat senyam senyum 🙂

paling suka baca ceritanya brad pit kw ini, selain berlimpah hikmah juga bikin sehat senyam senyum 🙂

---------------------

Poto gerobak bakmi yang gue posting ini adalah gerobak terakhir dari sekian banyak gerobak yang gue punya, sebagai orang yang pernah jualan pake gerobak. Rencananya, gerobak terkahir ini mao gue simpen aja buat kenang2an kek opletnya si Doel. Supaya kalo gue udah tua nanti, gue bisa cerita ke cucu2, bahwa dengan gerobak bakmi ini lah dulu gue berjuang melawan dan mengusir penjajah Belanda dari negeri kita Indonesia. Terus setelah gue selesai cerita, cucu gue bilang gini. "Kakek gila!" Wkwkwk!

Rencana, tinggalah rencana. Karena, gerobak bakmi yang rencananya mao gue simpen buat kenang2an itu, kini telah berpindah tangan ke orang laen.

Ya. Sekarang dia udah jadi milik mas2 kang bakmi gaes, yang waktu itu gue liat lagi ngedorong2 gerobak bakminya yang udah lusuh dan mao rubuh, di depan kantor gue.

"Elu jualan bakmi pake gerobak kek gini, apa gak bahaya Mas? Kalo rubuh gimana?" tanya gue ke kang bakmi. Si masnya nyengirrr aja, sambil garuk2 pala. Padahal dia pake topi loh. *Ini beneran ya.

"Mana kotor banget lagi gerobaknya. Kalo orang yang gelian mah ogah beli bakmi lu Mas."

Si masnya nyengir lagi. "Iya Om, ini juga agak sepi jualannya. Abis mao gimana lagi," jawabnya.

"Ya udah ganti gerobak aja."

"Mahal Om, haha. Buat biaya sehari2 aja kadang kurang, apalagi buat beli gerobak."

"Gak usah beli Mas. Noh, bawa aja gerobak gue, lu pake dah buat jualan," kata gue sambil menunjuk gerobak bakmi, yang terparkir di depan kantor.

"Hah, serius Om? Maksudnya dipinjemin apa gimana? Atau dicicil gitu?"

"Dikasihin Mas bukan dipinjemin. Pokoknya pulang dagang lu langsung ke sini lagi ya buat ngambil itu gerobak."

"Tapi kan gerobaknya Om udah ada logonya, Bakmi Pacor?"

"Tenang. Abis ini gue langsung desainin logo baru buat lo, terus gue cetak jadi stiker buat ditempel di gerobak. Yang logo gue, lu copot."

Si mas garuk2 topi lagi.

"Sekalian nanti gue beliin peditok juga biar lu gak garuk2 mulu!"

"Wkwkwk!" si mas langsung ngakak so hard.

...

Tiga hari setelah obrolan itu, si mas dateng ke kantor gue dengan gerobak barunya yang bertuliskan 'Bakmi Ayam Barokah.'

"Cieee dagang pake gerobak baaaruuu. Gimana Mas, rame gak dagangannya?" tanya gue.

"Alhamdulillah, sekarang rame Om. Jam segini udah dapet 40 porsi," jawabnya sambil tersenyum.

"Masyaallahhh. Keren2!"

"Terus, sekarang bakminya saya pakein bakso sama pangsit juga kek yang Om suruh, jadinya orang seneng," lanjutnya.

"Tapi harganya lu bedain kan?" tanya gue lagi.

"Iya Om, saya bedain. Dan, ummm, ini, saya ke sini, mao bikinin Om bakmi. Sekalian buat Teteh dan anak2 juga."

Brrrr...mata gue langsung mengembun. Dalem hati gue, emang bener baek banget nih orang. Masih miskin aja gak sungkan2 buat ngasih, persisss kek Pak Munkar. Yang waktu dulu pernah gue kasih gerobak juga buat dia jualan cilok kuah, dan sehari setelahnya, dia langsung bagi2 cilok gratis ke tetangga2 di kampungnya buat syukuran. Alhamdulillah, ternyata gue gak ngasih ke orang yang salah masyaallah.

"Om, ini bakminya udah jadi. Disimpen di mana ya?" tanya si mas sambil membawa beberapa porsi bakmi pake nampan.

"Dibawa masuk ke dalem aja Mas, simpen di atas meja," jawab gue.

"Ummm, lewat mana Om?" tanyanya lagi.

"Lewat jendela," jawab gue lagi.

"Wkwkwk!" Si mas-nya langsung ngakak so hard.

...

Setelah membaca apa yang gue ceritain barusan, mungkin sebagian orang akan menganggap bahwa gue ini selaen ganteng ternyata seorang yang dermawan juga, karena mao berbagi sama orang yang sedang membutuhkan. Padahal mah nggak. Gue bisa berbagi bukan karena dermawan gaes, tapi ya karena gue miskin aja, wkwkwk! Karena coba kalo gue kaya, belom tentu gue bisa seberbagi itu.

Waktu gue cuman megang duit sejuta enem ratus rebu pas lagi jaman bangkrut dulu, dan itu adalah duit gue yang cuman segitu2nya, gue bisa pake sejuta lima ratus rebunya buat ngebantu seorang anak jalanan masuk sekolah, sedangkan yang seratus rebunya gue bawa pulang buat makan anak istri gue. Gue berbagi hampir 100% dari duit yang gue punya loh. Keren banget ya gue, wkwkwk! Ujubbb ujub. Astaghfirullahaladziim.

Tapiii waktu gue megang duit seratus enem puluh juta, gue gak bisa tuh bantu orang sebamyak seratus lima puluh juta, sedangkan yang sepuluh jutanya gue sisain buat anak istri gue. Padahal dengan duit sepuluh juta, anak istri gue kan masih bisa idup. Atau megang duit satu milyar enem ratus juta, bisa berbagi seratus juta aja yang notabene gak sampe 10% dari duit yang dipunya, itu berat loh. Padahal di kantong masih nyisa semilyar lima ratus juta.

Atau kek gue berani ngasih semua gerobak gue buat ngebantu para pedagang yang gerobaknya udah rusak biar bisa jualan lagi, kek yang gue ceritain barusan. Coba kalo gerobak2 itu bukan gerobak, tapi mobil? Apa masih berani gue ngasih semua mobil itu buat mereka yang membutuhkan? Keknya berat deh. Walaupun sebenernya tanpa mobil gue masih bisa motoran juga kan.

So kalo gue ditanya, "Bang Bret, berat mana sih berbagi di saat miskin atau kaya?" Maka jawaban gue adalah, berat pas kaya gaes. Soalnya gue pernah kaya, wkwkwk! Dan waktu kaya persentase berbagi gue dikittt banget, makanya sekarang miskin lagi, wkwkwk!

Makanya, kalo di antara kita sekarang lagi ada yang miskin kek gue nih, berbahagialah. Karena biasanya, hanya di saat2 seperti sekarang ini lah, kita bisa berbagi dalam persentase yang lebih tinggi, tanpa harus banyak pikiran, tanpa harus ngerasa kehilangan. Karena kalo udah kaya mah suka perhitungan. Iya kan?

Yang jawab "iya" berarti lagi miskin, wkwkwk!

Demikian, gue Bret Pitt.

(Awan Gunawan)

*fb

Baca juga :